Jitunews.Com
2 November 2023 21:02 WIB

Menteri PUPR: Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Melebihi Target

Anggaran pembangunannya bersumber dari APBN senilai 1,56 triliun

Ibukota Baru (Instagram/nyoman_nuarta)

Penajam Paser Utara, Jitunews.com -  Presiden Joko Widodo menerima kunjungan ratusan pimpinan perusahaan yang tergabung dalam Kompas 100 CEO Forum di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (2/11/2023).

Titik kunjungan salah satunya meninjau progres pembangunan Kantor Presiden pada kawasan Istana Kepresidenan yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Jokowi mengatakan pembangunan gedung Kantor Presiden di IKN Nusantara masih sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan pemerintah.



Berpantun di IKN, Jokowi: Pinjam Dulu Seratus

“Saya lihat schedule dan target, saya kira masih dalam target,” kata Presiden Jokowi. Secara keseluruhan untuk tahap 1, progres pembangunan infrastruktur dan bangunan gedung IKN mencapai 52%, di atas target yakni 47%," ujar Jokowi.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur dasar dan kantor pemerintah, termasuk Kantor Presiden bagian dari pekerjaan tahap pertama yang dibiayai APBN. Selanjutnya pengembangan IKN akan terus didorong investasi dari swasta (private sector).

"Untuk pembangunannya, 20 persen gedung pemerintah dan infrastruktur dasar dibiayai oleh APBN dan 80% lainnya akan kita berikan kepada private sector, pada dunia usaha, pada swasta," kata dia.

Dalam hal ini, Jokowi mengaku senang setelah dimulainya pembangunan infrastruktur dasar dan kantor-kantor pemerintah, ketertarikan dari para investor untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara sangat masif.

"Sampai hari ini dan hitungan kita sampai Desember 2023 akan ada investasi sebesar Rp45 triliun akan memulai pekerjaan di IKN Nusantara," kata Presiden.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan gedung Kantor presiden merupakan desain anak bangsa yang interiornya semaksimal mungkin menggunakan Produk Dalam Negeri.

Kata dia, Pentingnya penggunaan komponen produk dalam negeri (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dalam pembangunan IKN untuk menjaga roda ekonomi nasional.

"Semaksimal mungkin interiornya merupakan produk dalam negeri, ada dari NTB (Nusa Tenggara Barat), ada dari Cempoko Boyolali (Jawa Tengah), dan daerah lain, tetapi didesain lebih baik," kata Menteri Basuki.

Gedung Kantor Presiden didesain oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di ruas Jalan Tol IKN. Pada bagian gedung dilengkapi dengan modul bilah sebanyak 4.650 bilah yang nantinya akan membentuk lambang burung garuda yang menjadi facade dari gedung Kantor Pesiden.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti berharap pembangunan Kantor Presiden di IKN dapat selesai pada Agustus 2024. Hingga minggu ke-52 sejak dimulainya pembangunan pada November 2022, progresnya telah mencapai 52% atau lebih cepat dari rencana sebesar 47%.

"Pemasangan bilah-bilah garuda terus dilakukan, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024," kata Diana Kusumastuti.

Pembangunan Kantor Presiden di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur dengan kontraktor pelaksana PT PP - Wika KSO. Anggaran pembangunannya bersumber dari APBN senilai 1,56 triliun.

RI Bakal Ganti Presiden, Jokowi Tak Cemaskan soal IKN
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait