Jitunews.Com
4 Oktober 2023 07:19 WIB

Patuhi Aturan Pemerintah RI, Layanan TikTok Shop Ditutup Hari Ini

TikTok tak dilarang melakukan transaksi jika izin operasinya e-commerce.

TikTok (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hari ini, Rabu (4/10/2023), TikTok Shop resmi ditutup. TikTok tak akan bisa melakukan transaksi pada pukul 17.00 WIB.

Penutupan TikTok Shop berkaitan dengan aturan pemerintah tentang larangan media sosial menyematkan fitur jual beli seperti e-commerce.

Larangan itu dimuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembina, dan Pengawan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Kebijakan ini merupakan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020.



Ingin Tahu Penghasilanmu di TikTok? Cek Gunakan Kalkulator Uang TikTok, Ini Cara Pakainya

TikTok, dalam pernyataan resminya, memprioritaskan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah RI mengenai langkah ke depannya.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," tulis pernyataan resmi TikTok baru-baru ini.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan,” lanjutnya.

Adapun Mendag Zulkifli Hasan menegaskan pihaknya tak segan menjatuhkan sanksi terhadap TikTok jika masih melakukan pelanggaran. Hanya saja, TikTok sejauh ini mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah RI.

Pemerintah tak bakal melarang transaksi di TikTok seandainya platform asal China itu mengajukan izin sebagai e-commerce.

“Bukan enggak boleh, kalau mau dibikin e-commerce kan tinggal mengajukan saja. Tapi enggak boleh satu (digabung),” terang Zulkifli Hasan di PGC, Jakarta Timur, Selasa (3/10).

Mudah! Ini Cara Top Up Koin TikTok Lewat DANA
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait