Jitunews.Com
20 September 2023 13:49 WIB

Anies Sebut Pengusaha yang Membantu Langsung Diperiksa Pajaknya, Anak Buah Sri Mulyani Buka Suara

Yustinus mengatakan bahwa Kemenkeu melakukan pemeriksaan Wajib Pajak secara profesional berdasarkan undang-undang yang berlaku

Center for Indonesia Taxation Analysis, Yustinus Prastowo di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (jitunews/Khairulanwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Staf Khusus Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yustinus Prastowo menanggapi pernyataan Anies Baswedan yang menyebut ada pengusaha yang membantunya langsung diperiksa pajaknya secara ketat.

"Pak @aniesbaswedan yang saya hormati, terhadap opini dan tudingan yang Anda sampaikan kemarin di acara Mata Najwa di UGM, seolah ada pemeriksaan pajak yang dilakukan karena motif politis, kami sampaikan tanggapan," kata Yustinus dalam akun X (sebelumnya Twitter) yang di dilihat, Rabu (20/9/2023).

Yustinus mengatakan bahwa lembaganya yang dipimpin Sri Mulyani itu melakukan pemeriksaan Wajib Pajak secara profesional berdasarkan undang-undang yang berlaku. Ia mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan kepada Wajib Pajak yang memiliki tingkat risiko tinggi.



Anies Disebut Kurang Berani Sebagai Oposisi, Pakar: Tersandera NasDem dan PKB

"Pemeriksaan pajak hanya dapat dilakukan jika Wajib Pajak memiliki kelebihan bayar pajak atau terdapat data/informasi akurat yang menunjukkan tingkat risiko tinggi sehingga kepatuhan harus diuji," ujarnya.

Ia pun membantah apabila pemeriksaan wajib pajak dilakukan karena ada unsur politis. Oleh karena itu, ia meminta agar Anies Baswedan memperjelas pernyatannya terkait pemeriksaan pajak karena ada unsur politis.

"Dengan demikian, tidak mungkin pemeriksaan dapat dilakukan dengan motif subjektif tertentu, termasuk politik. Praktik terbaik DJP, meskipun WP masuk kategori pemeriksaan, tetap dilakukan himbauan agar melakukan pembetulan SPT dan membayar pajak terutang secara sukarela," pungkasnya.

Sebut Gagasan Ganjar-Prabowo Tidak Berbeda Jauh, Pakar: Jokoisme Lagi Direbut
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait