Jitunews.Com
10 September 2023 18:35 WIB

Golkar Tak Larang Ridwan Kamil jadi Cawapres Ganjar, Ini Kata PDIP

Penentuan cawapres Ganjar berada di tangan Megawati Soekarnoputri.

Ridwan Kamil konferensi pers di Kantor DPP Golkar, Rabu, 18 Januari 2023 (Instagram/@golkar.indonesia)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono tak melarang Ridwan Kamil untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Hanya saja, Golkar menekankan langkah tersebut tak mewakili sikap partai. Sebab, Golkar sudah memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai apa yang disampaikan Agung Laksono itu membuktikan bahwa Ganjar didukung oleh banyak pihak.

“Partai Golkar sudah memberikan dukungan kepada Gerindra dan Pak Prabowo, tetapi apa yang dikatakan Pak Agung Laksono tentu saja merupakan hal yang positif, yang menjadi bagian konsideran dari kesadaran kami,” kata Hasto di kantor DPD PDIP Banten, Serang, Minggu (10/9).



Ketua DPC Gerindra Semarang Dicopot Gegara Masalah Bendera Partai

Hasto tak menutup kemungkinan Ridwan Kamil diduetkan dengan Ganjar. Namun, ia menekankan bahwa keputusan soal cawapres Ganjar berada di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Mega-lah yang akan menetapkan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono menyebut partainya tak akan menghalangi Ridwan Kamil untuk maju sebagai cawapres 2024.

“Kami tidak mudah untuk melarang-larang orang, untuk maju kariernya,” ujar Agung Laksono di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9).

Akan tetapi, Agung menegaskan Golkar tak pernah menyodorkan Ridwan Kamil sebagai cawapres Ganjar. Jadi, jika nantinya Ridwan Kamil berkontestasi sebagai pendamping Ganjar, langkah tersebut bukan dorongan dari Golkar.

“Kalaupun ada (Ridwan Kamil maju sebagai cawapres pendamping Ganjar), itu atas nama individu. Nggak bisa atas nama partai lagi. Kalau atas nama individu kan kita tidak bisa apa-apa. Tapi kalau atas nama partai nggak bisa,” terang Agung.

Ganjar Bintangi Tayangan Azan di TV Dikaitkan Politik Identitas, PDIP Respons Begini
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait