Jitunews.Com
22 Agustus 2023 19:23 WIB

Ada Oknum Bank Jual Data Nasabah, Menkominfo Beberkan Sanksinya

Budi Arie menilai sanksi denda lebih layak bagi oknum penjual data pribadi.

Budi Arie Setiadi (Biro Humas Kementerian Kominfo)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan ada oknum bank yang sengaja menjual data pribadi nasabahnya. Terkait pelanggaran ini, dia menyebut pihaknya telah menjatuhkan sanksi pada pelaku.

“Dua hari yang lalu saya tanda tangan, ada beberapa bank saya tidak mau sebutin ya, kita denda, karena dia membocorkan data pribadi nasabah,” kata Budi Arie dalam webinar Kominfo bertema ‘Melawan Kejahatan Keuangan Berbasis Digital', Senin (21/8/2023).

Budi menilai sanksi denda lebih layak bagi oknum bank penjual data nasabah itu. Menurutnya, tak ada alasan untuk membenarkan penyalahgunaan informasi pribadi.



Sebut Dukungan Projo Terbagi 2, Budi Arie: Ntar Keluar Waktunya Jadi Bersatu

“Karena motifnya ekonomi, ya hukumannya denda aja tidak usah penjara. Nanti keenakan dia,” ujarnya.

Eks Wakil Menteri Desa PDTT itu mengatakan perkara tersebut mirip kasus kebocoran data SIM Card terjadi di operator seluler.

Sekadar pengingat, publik sempat dibuat gempar atas bocornya data registrasi SIM Card sebanyak 1.304.401.300 baris data pada akhir tahun 2022 lalu. Dalam berkas berukuran 87 GB, terdapat data yang mencakup nomor ponsel dan NIK.

Momen HUT ke-78 RI, bank bjb Gelar Upacara hingga Donor Darah
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait