Jitunews.Com
8 Agustus 2023 18:51 WIB

3 Tahun Buron, Harun Masiku Diduga Sembunyi di Indonesia

Polri sebut Harun Masiku diduga berada di dalam negeri.

Caleg PDIP (facebook)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tersangka suap Harun Masiku belum tertangkap sejak ditetapkan sebagai buron pada 17 Januari 2020 lalu. Mantan politikus PDIP itu disebut-sebut kabur ke luar negeri untuk menghindari proses hukum.

KPK menggandeng Polri agar peluang menangkap Harun Masiku semakin besar sekalipun ia berada di negara lain.

Teranyar, Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Krishna Murti menyebut Harun Masiku berada di Indonesia. Dugaan ini didasari data perlintasan yang diperoleh Polri.



PDIP: Pak Anies Belum Memahami Apa yang Dilakukan Presiden Jokowi

Kendati diduga di dalam negeri, Polri memastikan bakal meneruskan pencarian terhadap Harun Masiku di luar negeri.

“Ada data perlintasan yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu yang kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri,” kata Irjen Krishna Murti di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (7/8).

Polri menduga Harun Masiku selama ini bersembunyi di dalam negeri. Harun memang sempat hengkang ke luar negeri, namun tidak dalam waktu lama.

“Sehari setelah keluar (negeri) dia balik lagi. Jadi sebenarnya dia bersembunyi di dalam. Tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri,” tambah Krishna Murti.

Seperti diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait urusan penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari fraksi PDIP yang meninggal, Nazarudin Kiemas. Berdasarkan aturan suara terbanyak, seharusnya pengganti Nazarudin adalah Riezky Aprilia.

Demi jabatan tersebut, Harun Masiku menyuap mantan Wakil Ketua KPU Wahyu Setyawan sebesar Rp850 juta.

Ade Armando Mundur dari Cokro TV Gegara Dilarang Kritik PDIP Terkait Ganjar
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait