Jitunews.Com
6 Juli 2023 10:05 WIB

INFOBRAND.ID Umumkan Pemenang Indonesia Digital Popular Brand 2023

Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 sebagai penghargaan bergengsi dan pengakuan bagi brand-brand di Indonesia

Pengumuman hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index oleh TRAS N CO Indonesia, dan awarding ceremony diselenggarakan secara online, Rabu (5/7/2023). (Dok. INFOBRAND.ID )

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pentingnya popularitas brand di ranah digital semakin disadari pelaku brand dan bisnis di Indonesia. Perkembangan teknologi digital membuat pelaku brand dan bisnis secara masif memanfaatkan platform digital, seperti media online, media sosial, dan website, untuk mempertahankan bahkan mendongkrak popularitasnya di ranah digital.

Seiring berjalannya waktu, kini muncul tren digital branding. Tren ini muncul lantaran perkembangan zaman yang semakin pesat. Melalui digital branding, pelaku brand dapat membangun brand untuk mengenalkan produk lewat platform digital secara online.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengatakan penyelenggaraan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) kali ini merupakan ajang kedua di tahun 2023, atau penyelenggaraan ke-31 sejak tahun 2015. Masih diselenggarakannya penghargaan ini, menjadi bukti bahwa Indonesia Digital Popular Brand Award telah diterima oleh pelaku brand di Indonesia dan dipercaya sebagai barometer utama pengukuran brand-brand populer di ranah digital.



Dapat Anugerah 'Nabawi Award', Masjid Al Istiqomah Sukses Memberdayakan Ekonomi

“Tentunya dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2023, akan membuat sebuah brand semakin dipercaya oleh konsumen dan calon konsumen, terutama dalam mencari, dan memilih sebuah brand di ranah digital,” ujar Susilowati Ningsih.

Susilowati menginformasikan, hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index telah diumumkan oleh TRAS N CO Indonesia, dan awarding ceremony diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting, Rabu (5/7/2023).

Tujuan dihadirkannya penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 ini, adalah sebagai penghargaan bergengsi dan pengakuan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas, serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital, sebagai brand yang unggul dan populer dibandingkan brand yang lain.

Pada kesempatan yang sama, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award menjelaskan, riset tersebut dilakukan untuk mengcapture suara netizen melalui tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, untuk mengukur popularitas brand rata-rata perbulan dalam pencarian dan ulasan di halaman internet. Social Media Based, untuk mengetahui popularitas brand di media sosial Facebook, Instagram dan YouTube. Dan Website Based, untuk mengukur kecepatan akses dan traffic website brand.

“Riset dilakukan lebih dari 1.500 brand teriset di 300 kategori produk atau jasa,” kata Tri Raharjo.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, brand-brand yang masuk dalam daftar tiga teratas Indonesia Digital Popular Brand Index merupakan brand yang kreatif dalam berpikir dan bertindak, serta konsisten dalam melakukan aktivitas brand di ranah digital. Atas prestasi tersebut, brand-brand pemenang berhak mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award.

Dalam mengukur kepopuleran brand-brand di ranah digital, TRAS N CO Indonesia juga bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, dengan mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Dari riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2023 yang dilakukan pada bulan Maret-Mei 2023, terhadap 1500 brand ter-riset di 300 brand kategori produk atau jasa. Diketahui terdapat 10 kategori produk/jasa yang banyak dicari di halaman internet dalam rata-rata bulanan. Pertama adalah kategori Situs Jual Beli Online dengan 9,8 Juta pencarian, kategori Aplikasi Booking Penginapan & Hotel dengan 3,3 Juta pencarian, lalu kategori Multiplatform Televisi Kabel dengan 3,2 Juta, kategori Jasa Kurir 2,97 Juta, kategori Situs Online Reservasi Hotel 2,93 Juta, lalu kategori Situs Online Booking Tiket Pesawat, Kereta dan Travel dengan 2,9 Juta Pencarian.

Kategori selanjutnya adalah kategori Internet Berlangganan dengan 503,9 Ribu pencarian, kategori Tv Berlangganan dengan 368,6 Ribu pencarian, kategori Supermarket Perkakas Dan Dekorasi Rumah dengan 368 Ribu pencarian dan kategori Cargo dengan 329 Ribu Pencarian.

Sedangkan berdasarkan ulasan 10 kategori produk/jasa ini menjadi yang paling banyak diulas, Kategori Situs Jual Beli Online dengan 142,8 juta ulasan halaman internet, kategori Multiplatform Televisi Kabel dengan 30,1 juta ulasan halaman internet, kategori Situs Online Booking Tiket Pesawat Kereta Dan Travel dengan 26,6 Juta ulasan.

Berikutnya kategori Situs Online Reservasi Hotel dengan 26 juta ulasan, kategori Aplikasi Booking Penginapan & Hotel dengan 23,6 juta ulasan, lalu kategori Jasa Kurir dengan 15,7 juta ulasan, kategori Blender dengan 8,1 juta ulasan, kemudian kategori Smart TV dengan 6,5 juta ulasan, kategori GADAI dengan 6,2 Juta ulasan dan kategori Sepeda Lipat dengan 6 juta ulasan halaman internet.

Adapun peraih penghargaan IDPBA 2023 Fase ke-2 kali ini antara lain adalah, Vicee kategori Vitamin C, Bihunku (Bihun Instan), Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Apotek K24 (Apotek), Shop&Drive ( Bengkel & Aksesoris Mobil), Mandiri Tunas Finance (Pembiayaan Multiguna), Natur-E (Vitamin E), Dulcolax (Pelancar BAB), My Republic (Internet Berlangganan), Tekiro (Hand Tools), RYU (Power Tools), Promag (Obat Maag), Entrostop (Obat Diare), Insto (Obat Tetes Mata), Pigeon (Botol Susu Bayi), Blibli (Situs JUAL Beli Online), Farmaku (Apotek Online), Fatigon (Multivitamin).(***)

Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Terima Anugerah Penghargaan Militer Tertinggi di Singapura
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait