Jitunews.Com
1 Juli 2023 13:25 WIB

Gempa Bumi M 6 Guncang Yogya, Sultan HB X: Relatif Rusak Ringan Semua Kok

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta melaporkan ada 106 unit rumah warga yang mengalami kerusakan

Sri Sultan Hamengku Buwono X (radarjogja)

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut gempa bumi berkekutan magnutudo 6 yang mengguncang wilayahnya tergolong ringan.

Kerusakan bangunan akibat gempa M 6 itu, kata dia, termasuk ringan. Ia menyebut kerusakan bangunan yang paling banyak terjadi di Kabupaten GunungKidul.

"Relatif rusak ringan semua kok. Hanya jumlahnya yang paling banyak di GunungKidul," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023).



Gempa Magnitudo 6 Guncang Bantul, Gempa Susulan Terjadi 2 Kali

Sultan mengatakan bahwa Pemprov DIY siap membantu apabila dana yang dimiliki Pemkab Bantul dan Gunung Kidul tidak cukup untuk membantu merevonasi rumah warga yang rusak akibat gempa bumi.

"Tapi sebetulnya kan tidak hanya seperti itu. Saya butuhnya mereka ini yang masih bisa tinggal di rumahnya nggak, atau mampu nggak. Dalam arti disuplai konsumsi untuk makan dan sebagainya," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6 mengguncang Kabupaten Bantul dan sekitarnya pada Jumat (30/6/2023) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta melaporkan ada 106 unit rumah warga yang mengalami kerusakan. Selain itu ada sejumlah fasilitas umum yang juga mengalami kerusakan.

"Fasilitas ibadah 5 unit, fasilitas usaha 3 unit, fasilitas pendidikan 2 unit, fasilitas kesehatan 2 unit, 3 unit kandang ternak. Demikian pula 1 unit jaringan listrik, 1 unit tiang listrik, dan 2 unit travo listrik rusak ringan," kata Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Samsurizal dalam keterangannya, Sabtu (1/7/2023).

 

Bantul Diguncang Gempa Magnitudo 6,4, Warga Solo hingga Nganjuk Rasakan Getarannya
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait