Jitunews.Com
30 Juni 2023 22:49 WIB

Gempa Bumi M 6 Guncang Bantul, 15 Unit Rumah Hingga 2 Fasilitas Pendidikan Rusak

Gempa bumi M 6 yang mengguncang Bantul dan sekitarnya itu mengakibatkan belasan unit rumah rusak

Ilustrasi gempa bumi (Istimewa)

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM- Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6 mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023).

Gempa bumi M 6 yang mengguncang Bantul dan sekitarnya itu mengakibatkan belasan unit rumah rusak. Bahkan dampak gempa bumi itu terasa hingga Kulon Progo.

"Perkembangan hingga pukul 20.50 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mencatat dampak di wilayahnya antara lain, rumah rusak 15 unit, fasilitas pemerintah 1, kesehatan 1 dan pendidikan 2. Dampak tersebut tersebar di Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo," kata Pusdalops BPBD DIY dalam keterangannya.



Gempa M 6 Guncang Selatan Jawa Dini Hari, BMKG: Hati-hati Terhadap Gempa Bumi Susulan

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melaporkan bahwa terjadi dua gempa bumi susulan dengan kekuatan M 6,0 dan M3,9.

"Hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 (dua) gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M 3,9," ujar dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6/2023).

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas sumbernya.

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat agar menghindar dari bangunan yang retak akibaT gempa bumi yang mengguncang Bantul.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," jelasnya.

 

Gempa Magnitudo 6 Guncang Bantul, Gempa Susulan Terjadi 2 Kali
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait