Jitunews.Com
30 Juni 2023 21:28 WIB

Gempa Magnitudo 6 Guncang Bantul, Gempa Susulan Terjadi 2 Kali

Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Ilustrasi gempa bumi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,0 pada Jumat (30/6/2023) malam. Gempa bumi susulan terjadi 2 kali menurut laporan hasil monitoring BMKG.

"Hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 (dua) gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M 3,9," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6).

Terkait kejadian ini, warga diminta tetap tenang, dan tidak terperdaya oleh kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menjauhi bangunan yang retak atau rusak karena gempa.



1.123 Kali, BMKG Unggkap Alasan Jayapura Papua Sering Diguncang Gempa Bumi

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Daryono.

Dijelaskan Daryono, menurut hasil analisis BMKG, gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan M 6,0. Episenter gempa terletak pada koordinat 8,63° LS dan 110,08° BT, atau tepatnya di laut pada jarak 81 Km arah Selatan Kota Wates, DIY pada kedalaman 67 km.

Hasil pemodelan gempa tidak berpotensi tsunami. Kendati begitu, gempa ini terasa di beberapa daerah dengan skala IV dan III MMI.

Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Turki Capai 31 Ribu
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait