Jitunews.Com
16 Juni 2023 08:00 WIB

Bersyukur MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka, SBY Kenang Masa Akhir Jabatannya di 2014

SBY mengatakan apabila sistem proporsioal terbuka yang dianut oleh Indonesia masih memiliki kelemahan, maka akan disempurnakan oleh Presiden dan DPR

Susilo Bambang Yudhoyono (twitter.com/SBYudhoyono)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengaku bersyukur dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menetapkan sistem proporsional terbuka sebagai sistem Pemilu 2024. Menurutnya, putusan MK tersebut sudah sesuai dengan harapan rakyat Indonesia.
 
"Saya bersyukur ke hadirat Allah SWT & selamat serta terima kasih kepada MK yg telah mengambil keputusan yg jernih & benar. Saya yakin Putusan Mahkamah Konstitusi yg tetap memberlakukan Sistem Proporsional Terbuka ini sesuai dgn harapan rakyat Indonesia," tulis SBY di akun TWitter pribadinya @SBYudhoyono, Kamis (15/6/2023).
 
SBY mengatakan apabila sistem proporsioal terbuka yang dianut oleh Indonesia masih memiliki kelemahan, maka akan disempurnakan oleh Presiden dan DPR yang terpilih dalam Pemilu 2024.
 
Ia lantas mengenang masa-masa di akhir kepemimpinannya pada tahun 2014. Saat itu, ia mengeluarkan Perppu untuk mempertahan sistem pilkada langsung yang dipilih oleh rakyat bukan DPRD.
 
"Sebelum mengakhiri jabatan sbg Presiden Oktober 2014, saya mengeluarkan Perppu utk tetap mempertahankan Sistem Pilkada Langsung bukan Pilkada yg dipilih oleh DPRD. Dalam Perppu tsb sudah diwadahi berbagai perubahan & perbaikan atas implementasi UU yg berlaku sebelumnya," pungkasnya.
MK Tolak Gugatan Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, PKS Yakin PDIP Ikut Berbahagia
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait