Jitunews.Com
31 Mei 2023 23:19 WIB

Gelar PLUT KUMKM, Cara Kemenkop Bikin UMKM Naik Kelas

Rapat koordinasi program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT- KUMKM) tahun 2023 digelar di Alam Sutera, Serpong

Rapat koordinasi PLUT- KUMKM (Jitunews.com/herumuawin)

TANGSEL, JITUNEWS.COM- Rapat koordinasi program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT- KUMKM) tahun 2023 digelar di Alam Sutera, Serpong pada tanggal 30 Mei-1 Juni 2023.

Rapat koordinasi PLUT- KUMKM tahun 2023 yang bertemakan ‘Transportasi PLUT KUMKM Menuju UMKM naik kelas’ dihadiri 174 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia

“Peserta berjumlah 174 orang yang merupakan pengelola dan konsultan pendamping dari 87 PLUT UMKM, masing-masing diwakili oleh satu orang dan satu orang konsultan,” ujar Deputi Usaha Mikro Kemenkop UKM RI, Dr Yulius MA.



Maman Imanulhaq Ajak Pelaku UMKM Urus Sertifikat Halal

Yulius berharap Rapat koordinasi dapat memberikan capaian hasil kinerja PLUT- KUMKM tahun 2022 komitmen pada penerapan target PLUT- KUMKM 2023 serta optimalisasi kolaborasi dari berbagai stake holder dalam rangka penguatan pelayanan PLUT - KUMKM.

“Tersosialisasinya pengembangan PLUT - KUMKM dan tersosialisasinya rancangan peraturan menteri koperasi dan UMKM beserta pengolahannya,” kata dia.

Dalam rangka sosialisasi pelayanan PLUT - KUMKM, pihaknya akan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai stakeholder yang dituangkan dalam nota kesepakatan bersama.

“Adapun lima stakeholder yang akan bekerjasama dengan PLUT - KUMKM yaitu Kemenkominfo, PT Telkom, PT pos Indonesia, PT pro media dan PT Erajaya Swasembada,” tuturnya.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi PLUT- KUMKM tahun 2023 juga diselenggarakan show case produk unggulan usaha mikro PLUT - KUMKM. Show case ini digelar dalam rangka pengembangan PLUT - KUMKM Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Deputi Bidang Usaha Mikro, Sutarmo, S.E., M.M mengatakan Show case produk unggulan usaha mikro PLUT - KUMKM digelar untuk mempertemukan dari hulu ke hilir.

"Jadi dari penjual sama pembeli karena kadang-kadang banyak juga penjual yang susah mencari pasar. Jadi memang harus dipertemukan," kata Sutarmo.

"Peran pemerintah dalam hal ini Kemenkop UKM adalah sebagai mediator antara penjual dan pembeli," pungkasnya.

bank bjb Dukung Program KUR Klaster Kemenkop UKM
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait