Jitunews.Com
14 April 2023 19:08 WIB

Gempa Magnitudo 6,5 di Tuban, Getarannya Jangkau 3 Provinsi Ini

Warga di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY ikut terdampak gempa.

Ilustrasi Gempa (sumber : pacitanku) ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM — Gempa Magnitudo 6,5 mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (14/4/2023). Mengacu catatan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 16.55 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 68 kilometer Barat Laut Tuban. Dipastikan tidak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” demikian keterangan BMKG, Jumat (14/4/2023).



Usung Culinary Culture, Restoran di Solo Tawarkan Sajian Khas Suku Uyghur

Adapun jangkauan getaran dari peristiwa ini sangat luas. Beberapa daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Yogyakarta ikut terdampak.

Seorang warga Blitar, Jawa Timur, Ardea Ningtias (24) bergegas keluar dari rumah usai menyadari adanya getaran hebat. Ia pun sempat mengajak anggota keluarganya untuk mencari titik yang sekiranya aman.

"Aku tadi langsung keluar ngajak adikku. Soalnya getarannya sangat terasa. Kaget banget," ucap Ardea kepada wartawan via sambungan telepon.

Getaran luar biasa juga dirasakan Putri Cahyani (22) saat berada di Rumah Sakit UNS Solo, Jawa Tengah. Ketika gempa terjadi, ia sedang di lantai 5 sehabis menerima penanganan dari dokter.

"Di RS tadi kerasa banget," tuturnya.

Selain wilayah Jatim dan Jateng, gempa juga menggetarkan kawasan Yogyakarta. Bahkan Jogja menjadi trending topic di Twitter menyusul kejadian ini.

"Gempanya di mana dah? Kok lihat BMKG gempanya di Tuban tapi kok kerasa sampai ke Jogja," tulis salah seorang warganet yang diduga berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pererat Silaturahmi, Shinta Nuriyah Wahid Safari Kebangsaan di Surakarta
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait