Jitunews.Com
15 Februari 2023 20:17 WIB

Ukraina dan Sekutu Bakal Lakukan Segala Cara untuk Bikin Rusia Kalah dalam Perang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa negara-negara sekutu sudah mengkonfirmasi untuk lebih banyak mengirim bantuan finansial dan militer bagi Kiev

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Times of Israel)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa Kyiv dan semua sekutunya akan melakukan segalanya untuk membuat Rusia kalah dalam pertempuran yang berlangsung di Ukraina Timur "sesegera mungkin".

"Hari ini adalah hari Ramstein lainnya, pertemuan kelompok dukungan militer untuk Ukraina ... Kami telah mendapat keputusan kuat secara teratur untuk melindungi negara kami dan memperkuat prajurit kami," kata Zelenskyy dalam pidato yang disiarkan televisi Selasa malam.

Ia menambahkan bahwa negara-negara sekutu Ukraina sudah mengkonfirmasi untuk lebih banyak mengirim bantuan militer seperti sistem pertahanan udara, tank, artileri, dan program pelatihan untuk tentara Ukraina.



Pemerintah Prancis Minta TotalEnergies Turunkan Harga BBM

Pertemuan kesembilan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina, aliansi 54 negara yang mendukung pertahanan Ukraina dalam menanggapi "operasi militer khusus" Rusia, berlangsung di Brussel pada hari Selasa (14/2).

Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin, yang memimpin kelompok tersebut, mengatakan sekutu "telah menjelaskan bahwa kami akan mendukung pertahanan diri Ukraina untuk jangka panjang. Dan kami akan bergerak dengan urgensi yang dituntut saat ini."

Sebelumnya, seorang pejabat Amerika Serikat yang tidak disebut namanya mengatakan kepada Washington Post bahwa peluang Ukraina untuk merebut kembali wiayahnya yang dikuasai oleh Rusia semakin kecil, seiring dengan berkurangnya bantuan finansial dan peralatan tempur dari negara-negara Barat, termasuk dari Amerika Serikat.

"Militer Ukraina kemungkinan memiliki waktu hingga musim panas untuk membuat kemajuan, sebelum paket senjata AS saat ini habis," tulis Washington Post.

Rusia Bakal Terus Dijatuhi Sanksi dari Negara Barat, Vladimir Putin: Kita Hidup di bawah Tekanan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait