Jitunews.Com
14 Februari 2023 20:20 WIB

Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Turki Capai 31 Ribu

AFAD menyatakan bahwa korban tewas akibat gempa Turki mencapai 31.974 jiwa

Gempa di Turki (tangkapan layar Twitter)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) pada Selasa (14/2) menyatakan bahwa korban tewas akibat gempa yang mengguncang negara tersebut pada Senin (6/2) pekan lalu sejauh ini sudah mencapai 31.974 jiwa.

Seperti diketahui, Turki diguncang gempa berkekuatan 7,7 magnitudo dan 7,6 magnitudo pada Senin (6/2). Pusat gempa berada di distrik Pazarcik provinsi Kahramanmaras. Gempa tersebut juga mempengaruhi beberapa provinsi lain termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay , Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Selain sejumlah wilayah Turki, getaran gempa juga dirasakan di beberapa negara di kawasan, termasuk Lebanon dan Suriah.



AS Nggak Akan Kirim Rudal Jarak Jauh ATACMS untuk Ukraina

Dilansir dari Anadolu Agency, AFAD menyatakan bahwa lebih dari 249.000 personel tim pencarian dan penyelamat saat ini bekerja di lapangan, dimana mereka sejauh ini sudah berhasil mengevakuasi 195.962 orang dari daerah yang terdampak gempa..

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan bahwa sedikitnya 80 negara sudah mengirim tim SAR, dengan total personil mencapai 9.315 orang.

Selain tim penyelamat, lebih dari 100 negara di dunia juga sudah mengirim bantuan kemanusiaan berupa selimut, tenda, makanan, dan tim dukungan psikologis, bersama dengan lebih dari 12.300 kendaraan, termasuk ekskavator, traktor, dan buldoser.

Dua Pesawat TNI AU Pembawa Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Gempa Berhasil Mendarat di Turki
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait