Jitunews.Com
25 Januari 2023 08:36 WIB

Profil Lieus Sungkharisma, Pendukung Jokowi Berbelot ke Prabowo dan Pilih AHY di Pilkada 2017

Profil Lieus Sungkharisma yang pertama yakni merupakan aktivis sosial keturunan Tionghoa yang memiliki nama asli Li Xue Xiung

Lieus Sungkharisma (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berikut profil Lieus Sungkharisma yang dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 24 Januari 2023.

Profil Lieus Sungkharisma yang pertama yakni merupakan aktivis sosial keturunan Tionghoa yang memiliki nama asli Li Xue Xiung. Ia lahir 63 tahun lalu di Cianjur, Jawa Barat.

Nah, berikut profil lengkap Lieus Sungkharisma yang perlu kamu ketahui,



Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Aktivis Buddha yang Tak Tersinggung Soal Meme Candi Borobudur

Lieus Sungkharisma rupanya menduduki posisi penting di berbagai organisasi seperti Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI), Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Nasional (Depinas SOKSI).

Selain itu, Lieus Sungkharisma juga menjadi Ketua DPP Angkatan Mua Pembaruan Indonesia (AMPI), DPP KNPI, Ketua Umum Gemabuddhi, Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta dan Ketua Umum Multi Culture Society.

Lieus Sungkharisma juga merupakan pendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla di Pilpres 2024. Namun, ia berpindah haluan dengan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019 lalu.

Dalam perjalananya di dunia politik, ia juga dikenal dekat dengan Partai Demokrat. Ia menjadi pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilgub DKI Jakara pada tahun 2017 lalu.

Diberitakan sebelumnya, Lieus Sungkharisma meninggal dunia karena penyakit jantung yang dideritanya. Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel.

"Betul, beliau meninggal dunia. Iya turut bersedih, (meninggal karena) sakit jantung" kata Noel seperti dilansir detikcom, Rabu (25/1/2023).

Diketahui, Lieus Sungkharisma merupakan aktivis sosial yang namanya mencuat ke publik dalam beberapa waktu terakhir.

Ia vokal membela Mantan Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Roy Surya yang tersandung kasus unggah meme stupa candi Borobudur yang diedit mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Lieus Sungkharisma mengaku sebagai perwakilan Umat Buddha yang tidak tersinggung dengan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Jokowi. Ia mengaku akan marah apabila diedit mirip hewan.

"Harus dibela ini (Roy Suryo). Bahkan beliau orang yang pertama melaporkan akun yang mengubah patung Buddha menjadi muka Jokowi," kata Lieuspada Agustus 2022 lalu.

Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung, Fadli Zon Bersedih: Aktivis yang Berani Bersikap
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait