Jitunews.Com
21 Januari 2023 21:01 WIB

Selain Daun Kelor, Beberapa Bahan Alami Ini Efektif Menurunkan Kolesterol

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah

Ilustrasi penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol (tangkapan layar Twitter)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, dikutip dari berbagai sumber.

1. Daun Kelor

Air rebusan daun kelor bisa menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung dalam daun kelor juga membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh.



8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

2. Daun Sereh

Daun sereh atau lemongrass juga kaya antioksidan dan potasium, sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan antioksidan dalam sereh juga membantu menurunkan kolesterol.

3. Daun suji

Daun suji mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh, diantaranya tanin, polifenol, falvonoid, dan saponin. Kandungan polifenol ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Selain itu, daun suji juga mengandung antioksidan sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol.

4. Kunyit

Sama seperti empon-empon lainnya, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menurunkan kolesterol.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Selain itu, allicin dalam bawang putih juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Daun salam

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam daun salam bisa membantu tubuh mengatur tekanan darah. Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan anti-oksidan yang berperan untuk mengontrol kadar kolesterol.

 

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait