Jitunews.Com
21 Januari 2023 17:17 WIB

4 Bahan Alami yang Bisa Anda Gunakan sebagai Obat Batuk

Berikut ini beberapa bahan alami untuk meredakan gejala batuk

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Batuk dapat menimbulkan ketidak-nyamanan atau bahkan mengganggu aktivitas anda. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami.

1. Madu

Salah satu bahan alami yang mampu meredakan gejala batuk adalah madu. Madu diketahui memiliki beberapa kandungan yang mampu mengobati peradangan dan batuk yang disebabkan infeksi. Anda bisa menelan langsung satu sendok madu. Selain itu, anda dapat mencampurkan madu ke dalam minuman hangat seperti teh.



Cara Menambah Berat Badan dalam Waktu Singkat

2. Jahe

Sama seperti madu, jahe juga mampu meredakan batuk. Tanaman ini memiliki kandungan anti-inflamasi atau anti-peradangan. Caranya, anda dapat merebus beberapa jahe yang sudah diiris dengan air sekitar 400 ml. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit air rebusan tersebut sebelum menuangkannya ke dalam sebuah cangkir untuk diminu. Anda juga bisa mencampurkan satu sendok madu beserta perasan jeruk nipis atau lemon.

3. Kumur Air Garam

Larutan air garam juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami. Caranya, larutkan satu sendok makan garam dengan secangkir air panas lalu aduk hingga tercampur. Setelahnya, tunggu beberapa saat hingga air tersebut tidak terlalu panas, lalu anda bisa menggunakannya untuk berkumur. Selain bisa meredakan batuk, berkumur dengan air garam juga bagus untuk kesehatan mulut dan gigi.

4. Banyak Minum Air Putih

Selain menjaga kecukupan cairan tubuh, air putih ternyata juga bisa meredakan gejala pilek dan batuk. Jika anda mengalami gejala batuk dan pilek, anda bisa minum air putih hangat untuk meredakan gejalanya. Namun, jika batuk disertai dengan radang tenggorokan, sebaiknya hindari minuman yang terlalu panas karena dapat memperparah peradangan.

Ada Subvarian Omicron baru dari AS, WHO Minta Diberlakukan Aturan Wajib Masker bagi Penumpang Pesawat
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait