Jitunews.Com
4 Desember 2022 16:08 WIB

Dua Kali Tasikmalaya Diguncang Gempa, BMKG Pastikan Tak Ada Kerusakan Bangunan

Gempa yang mengguncang Tasikmalaya pada hari ini tergolong gempa dangkal.

()

TASIKMALAYA, JITUNEWS.COM – Gempa berkekuatan 2.9 M (magnitudo) kembali mengguncang Tasikmalaya pada Minggu (4/12/2022). Titik pusat gempa pada pukul 09.57 WIB itu berada pada kedalaman 9 km tenggara Kota Tasikmalaya.

Sebelum ini, gempa di Tasikmalaya terjadi pada pukul 04:39 dengan kekuatan 2,8 M.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menganalisa, gempa dua kali di Tasikmalaya pada hari ini merupakan gempa dangkal. Penyebabnya aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.



Soal Penanganan Korban Gempa Cianjur, Denny Siregar: FPI Aja yang Beri Bantuan

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal di wilayah setempat," ungkap BMKG dalam keterangannya, Minggu (4/12).

Selain itu, gempa ini dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI. Artinya, getaran hanya dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang hingga getaran terasa seperti ada truk lewat.

BMKG memastikan belum ada laporan kerusakan bangunan atas dampak gempa tersebut. Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," tandasnya.

Tangani Gempa Cianjur, Mulai Relokasi Bangun 200 Rumah Tahan Gempa
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait