Jitunews.Com
1 Desember 2022 21:12 WIB

Menlu Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa

Menlu Ukraina menilai OSCE akan menjadi lebih baik tanpa keterlibatan Rusia

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitro Kuleba, pada Kamis (1/12) mengatakan bahwa akan lebih baik bagi Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk melanjutkan operasinya tanpa keterlibatan Rusia.

“Segala sesuatu telah dicoba sehubungan dengan Rusia: untuk menyenangkan, menenangkan, bersikap baik, bersikap netral.... Intinya: akan lebih baik bagi OSCE untuk melanjutkan tanpa Rusia,” kata Dmytro Kuleba di Twitter setelah dimulainya pertemuan Dewan Menteri OSCE di kota Lodz, Polandia.

Kuleba juga menyatakan ketidaksetujuannya dengan judul acara tersebut, yakni “OSCE di persimpangan jalan,” karena dia mengatakan blok tersebut sudah berada “di jalan raya menuju neraka.”



Menlu Rusia Minta AS untuk Tidak Memulai Perang Nuklir

“OSCE berada di jalan raya menuju neraka karena Rusia menyalahgunakan aturan dan prinsipnya meskipun ada upaya luar biasa dari CiO (chairman-in-office), SG (sekretaris jenderal) dan lembaga OSCE untuk mempertahankannya,” tambahnya.

Pertemuan OSCE diadakan untuk pertama kalinya tanpa partisipasi Rusia setelah otoritas Polandia menolak mengeluarkan visa untuk Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan delegasinya, terlebih setelah insiden jatuhnya rudal Ukraina ke Polandia pada 15 November kemarin yang menewaskan dua orang. Saat itu, rudal Ukraina bermaksud menghalau serangan udara yang dilancarkan oleh Rusia.

Hubungan antara Polandia dan Rusia semakin tegang sejak Februari, ketika Moskow melancarkan operasi militer ke Ukraina. Hal itu menyebabkan jutaan warga Ukraina mengungsi ke Polandia dan negara-negara tetangga.

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengkritik keras kepemimpinan OSCE Polandia, dan mengatakan bahwa Warsawa melakukan segalanya untuk menghancurkan prinsip dasar konsensus OSCE.

Pada pekan lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesak OSCE berbuat lebih banyak untuk membantu negaranya mengalahkan Rusia.

Ini Alasan Kanselir Jerman Ingin Percepat Pembelian Jet Tempur F-35 dari AS
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait