Jitunews.Com
30 November 2022 20:54 WIB

Uni Eropa Bakal Gunakan Aset Rusia yang Mereka Sita untuk Pulihkan Ukraina

Parlemen Uni Eropa tengah mencari cara untuk menggunakan aset Rusia yang mereka sita, untuk membangun kembali Ukraina

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota parlemen Uni Eropa dikabarkan sedang mencari cara legal untuk menyita aset Rusia yang telah dibekukan sebagai bagian dari sanksi Barat dan menggunakannya untuk membantu membangun kembali Ukraina.

Masalah penyitaan legal aset negara dan swasta Rusia yang disimpan di luar negeri telah diperdebatkan selama berbulan-bulan oleh pejabat Uni Eropa. Namun, mekanisme yang diinginkan blok itu tidak mudah diterapkan, karena di sebagian besar negara anggota, penyitaan aset yang dibekukan hanya mungkin dilakukan secara hukum jika ada tindak pidana.

“Dalam jangka pendek, kami dapat membuat, dengan mitra kami, struktur untuk mengelola dana ini dan menginvestasikannya. Kami kemudian akan menggunakan hasilnya untuk Ukraina,” kata Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.



Polandia Bakal Bebankan Biaya Tinggal dan Makan bagi Pengungsi Ukraina

Dia menambahkan bahwa sejauh ini Uni Eropa dan sekutunya telah memblokir cadangan aset milik Bank Sentral Rusia senilai 300 miliar Euro dan telah membekukan 19 miliar Euro aset milik individu Rusia.

Menurut komisaris, anggota parlemen Uni Eropa mengusulkan pembentukan pengadilan khusus, yang didukung oleh PBB, "untuk menyelidiki dan menuntut kejahatan agresi Rusia."

“Kami akan bekerja pada perjanjian internasional dengan mitra kami untuk memungkinkan hal ini. Dan, bersama-sama, kita dapat menemukan cara legal untuk mencapainya,” kata von der Leyen.

Sementara itu, Moskow menyebut langkah Uni Eropa membekukan aset miliknya sebagai tindakan ilegal, dan mengatakan bahwa, secara efektif, itu merupakan tindak pencurian.

NATO Diminta Kirim Tank Canggih ke Ukraina, Bukan Kendaraan Tempur Usang buatan Uni Soviet
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait