Jitunews.Com
30 November 2022 20:20 WIB

Pengakuan Rektor Nonaktif Unila Soal Suap Maba: Zulkifli Hasan Ikut Menitipkan Satu Orang

Karomani mengatakan bahwa calon maba itu berinisial ZAG yang dititipkan Zulkifli Hasan melalui Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung, Ary Meizari Alfian.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Jitunews.com/herumuawin)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tersangka kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru (maba) tahun 2022 yang juga rektor non aktif Universitas Lampung (Unila), Karomani menyebut Meneteri Perdagangan Zulkifli Hasan ikut menitipkan keponakannya agar diterima di Fakultas Kedokteran, Unila.

"Zulkifli Hasan ikut menitipkan satu orang untuk diloloskan menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung," kata Karomani saat menjadi saksi kasus dugaan suap untuk terdakwa Andi Desfiandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Bandar Lampung seperti dikutip Antara, Rabu (30/11/2022).

Karomani mengatakan bahwa calon maba itu berinisial ZAG yang dititipkan Zulkifli Hasan melalui Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung, Ary Meizari Alfian.



Ini Harapan Zulkifli Hasan untuk Ketua PP Muhammadiyah Terpilih

"Saya diberi tahu oleh Ary, ZAG ini keponakan Pak Zulkifli (Hasan), tolong dibantu. Saya bilang asal sesuai SPI dan nilai passing gradenya, passing grade 500 ke atas bisa bantu," ungkapnya.

Namun, ia mengaku baru tahu nilai  ZAG 480 dan tidak memenuhi syarat passing grade setelah jaksa penuntut umum (JPU) memperlihatkan bukti nilai ZAG.

"Nilai ZAG di bawah 500 baru saya tahu setelah penyidikan karena saya tidak cek satu-satu. Kalau saya tahu dari awal, pasti saya batalkan kelulusannya masuk Unila," bebernya.

Fungsi Ginjal di Batas Kritis, Lukas Enembe Minta Izin KPK untuk Berobat ke Singapura
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait