Jitunews.Com
30 November 2022 17:21 WIB

Jatuhkan Kebijakan Sanksi Anti-Rusia, Uni Eropa Kini Kehilangan Pemasok Energi Terbesarnya

Uni Eropa sudah memberlakukan kebijakan sanksi anti-Rusia setelah Moskow memulai operasi militer khususnya di Ukraina pada akhir Februari kemarin

Ilustrasi (IDX Chanel)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu diplomat Rusia untuk organisasi internasional, Mikhail Ulyanov, mengatakan bahwa negara-negara Eropa telah kehilangan pemasok energi terbesarnya, yakni Rusia, setelah mereka memberlakukan kebijakan sanksi terhadap Moskow atas situasi konflik Ukraina.

“Bukankah sebaliknya: Eropa telah kehilangan Rusia sebagai pemasok energi terbesarnya untuk mendapatkan kesempatan membeli LNG AS dengan harga yang jauh lebih tinggi? Pencapaian yang luar biasa!” tulis Ulyanov di Twitter.

Cuitan tersebut merupakan tanggapannya terhadap postingan pengguna Twitter yang mengutip pernyataan Kepala Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol, yang pada Oktober kemarin mengatakan bahwa Rusia telah kehilangan Eropa sebagai klien energi terbesarnya "selamanya".



Ternyata Ini Alasan AS Minta Turki Tak Gelar Operasi Militer Jalur Darat ke Suriah

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan sumber daya energi Rusia yang murah dan andal adalah keunggulan kompetitif Eropa, dan bahkan penolakan sebagian terhadapnya sudah berdampak negatif pada ekonomi dan penduduknya. Menurut Putin, AS sudah mendorong penolakan total Uni Eropa terhadap pembawa energi Rusia dan sumber daya lainnya, dimana hal itu mengarah pada deindustrialisasi Eropa.

Putin juga mengomentari gagasan Barat untuk membatasi harga sumber daya energi Rusia, dengan mengatakan Rusia tidak akan memasok apa pun ke luar negeri jika ini bertentangan dengan kepentingannya sendiri.

Wakil Perdana Menteri Alexander Novak mengatakan Rusia tidak akan memasok minyak ke negara-negara yang menetapkan batasan harga. Dia menambahkan bahwa pembatasan seperti itu dapat mengganggu pasokan global.

AS Sebut Iran Sedang Kembangkan Senjata Nuklir, Rusia: Tidak Ada Bukti
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait