Jitunews.Com
28 November 2022 22:49 WIB

Melarikan Diri atau Membeku, Ratusan Ribu Warga Ukraina Bakal Mengungsi ke Eropa Selama Musim Dingin

Sejak dimulainya operasi militer khusus Rusia pada akhir Februari kemarin, jutaan warga Ukraina mengungsi ke negara-negara Eropa

Ilustrasi (cbc)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekertaris Jenderal Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) Jan Egeland, mengatakan bahwa Eropa harus siap menerima ratusan ribu pengungsi dari Ukraina pada musim dingin mendatang. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Euronews, yang dirilis pada Senin (28/11).

"Ini benar-benar pilihan antara diam atau melarikan diri", kata Jan Egeland.

"Oleh karena itu sangat banyak orang (Ukraina) yang secara sukarela melarikan diri....(dan) Eropa harus mempersiapkan ratusan ribu pengungsi baru musim dingin ini, baik negara Norwegia di wilayah Eropa utara, mamupun negara-negara di Eropa selatan," tambahnya.



Boeing Berniat Bikin Rudal agar Ukraina Bisa Serang Wilayah Rusia

Sejak Rusia memulai operasi militer khususnya pada akhir Februari 2022 kemarin, diperkirakan hampir 7,9 juta warga Ukraina yang terpaksa mengungsi ke luar negeri, untuk menghindari serangan Rusia.

Menurut laporan media, sebagian besar telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, seperti Polandia, Hungaria, Slovakia, Rumania dan Moldova. Tetapi tidak sedikit warga Ukraina yang mengungsi ke tempat lain di Eropa.

Egeland menggambarkan bagaimana "situasi mengerikan" yang dihadapi warga sipil yang bertahan di Ukraina, yang telah "diperburuk" oleh serangan Rusia yang menghancurkan infrastruktur sipil, melumpuhkan pasokan listrik dan air.

"Kami berpacu dengan waktu," katanya.

"Sangat banyak dari komunitas garis depan yang menerima sedikit atau tidak ada bantuan dalam beberapa bulan terakhir. Saya telah melakukan perjalanan ke selatan dan timur Ukraina ... dan setiap kota yang Anda kunjungi gelap dan orang-orang kedinginan," lanjutnya.

 

Walikota Kiev Minta Warga Bersiap Hadapi Pemadaman Listrik selama Musim Dingin
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait