Jitunews.Com
28 November 2022 14:26 WIB

Lokananta Reload, Awali Kebangkitan Studio Rekaman Pertama di Indonesia

Perekonomian Indonesia salah satunya tumbuh dari industri kreatif.

Lokananta Reload dihadiri penyanyi legendaris Candra Darusman dan Waljinah, serta Menteri BUMN Erick Thohir dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Dok. Prokompim Pemkot Solo)

SOLO, JITUNEWS.COM – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perekonomian salah satunya tumbuh dari industri kreatif. Ia meyakini Indonesia bisa menjadi negara “pocalcer country”, yakni budaya yang menjadi ekonomi tanpa menggerus nilai-nilai budaya itu sendiri.

Erick menilai hal itu bisa dicapai dengan dorongan infrastruktur, seperti pemaksimalan aset BUMN yang bernilai sejarah layaknya Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Lokananta.

Demikian disampaikan Erick saat menghadiri Lokananta Reload yang digelar di Lokananta Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/11).



Teriakan Cawapres Sambut Erick Thohir di Rapimwil PPP Jateng

"Kami coba bangkitkan lagi diawali dengan kegiatan Lokananta Reload, tetapi tentunya dengan proses bisnis yang baik supaya sesudah dibangun kemudian jangan mangkrak lagi. Hal ini prosesnya transparan," kata Erick.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut banyak musisi legendaris lahir dari Solo. Ia mengharapkan kalangan muda mengikuti jejak itu.

Oleh karena itu, Gibran menilai perlunya tempat kreatif khusus agar para musisi muda bisa produktif meluncurkan karya.

"Lokananta nanti setelah selesai direvitalisasi musisi-musisi muda harus dapat memanfaatkan kesempatan ini, dengan mengeluarkan seluruh kreatifitas untuk terus berkarya," ujar Gibran.

Diketahui, penyelenggaraan Lokananta Reload sekaligus menandai awal kebangkitan studio rekaman pertama di Indonesia tersebut. Acara ini menghadirkan sejumlah musisi, seperti Cantigi, Rhym Protect, Teori, Nabila Maharani, dan Endah Laras.

Kemudian, Padi Reborn dan Efek Rumah Kaca yang penampilannya begitu memukau. Hampir semua hits yang dibawakan memicu penonton untuk turut bernyanyi.

Selain pertunjukan musik, terdapat sesi penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dan Danareksa dengan komunitas musik lokal.

Penandatangan MoU dari komunitas musik diwakili oleh penyanyi keroncong legendaris, Waljinah dan musisi terkenal Candra Darusman. Sedangkan dari pihak Kementerian BUMN diwakili oleh Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi dan Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono.

Soal Bekingan Ngeri Tambang Ilegal di Klaten, Gibran: Aku Sudah Tahu Orangnya Siapa
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait