Jitunews.Com
26 November 2022 12:31 WIB

5 Tips Menabung 5 Juta dalam Setahun yang Perlu Kamu Coba

Konsisten adalah kunci.

Ilustrasi (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menabung barangkali hal yang sulit bagi sebagian orang, apalagi bila targetnya Rp5 juta dalam setahun. Namun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Secara teori, seseorang perlu menyisihkan sekitar Rp420 ribu per bulan untuk mencapai nominal tersebut. Jika dibagi per hari, setidaknya Rp14 ribu harus tidak keluar dari kantong.

Akan tetapi persoalannya adalah konsistensi. Seringkali godaan muncul di tengah upaya menabung, misalnya jajan ketika berada di suatu tempat.



Sebentar Lagi Konser Sheila on 7, Ini Tips Terjebak di Keramaian

Meski begitu, tetap ada tips menabung Rp5 juta dalam setahun. Dirangkum dari Newsweek dan My Millenial Guide, berikut daftarnya.

  1. Ubah Cara Berbelanja

Tinggalkan cara berbelanja tanpa daftar dan tanpa tenggat waktu. Tanpa list, seseorang bisa belanja secara tak terkendali.

Selain itu batasi waktu belanja. Seseorang bisa memasang pengingat bahwa dalam satu jam ke depan harus meninggalkan supermarket.

  1. Batasi Penggunaan Internet

Kendati terasa sepele, penggunaan paket data hanya ketika hendak berselancar di internet akan menambah penghematan.

  1. Jual Barang Tak Terpakai

Pilih barang yang paling jarang digunakan untuk dijual. Alat seperti mixer roti dan oven rasanya tak dibutuhkan bila seseorang tidak lagi membuat roti.

Keberadaan pasar digital dari sejumlah platform bisa dimanfaatkan untuk menjual barang. Barangkali ada yang lebih memerlukan barang tersebut.

  1. Mandiri

Cara lain menghemat uang adalah menjalankan berbagai keterampilan. Pembelajarannya bisa diperoleh dari banyak video di YouTube. Rasanya uang bisa dihemat bila seseorang mencukur rambut hingga menangani persoalan motor sendiri.

  1. Gunakan Aplikasi Penganggaran

Pemakaian aplikasi penganggaran merupakan jalan keluar bagi seseorang yang kesulitan menata anggaran secara manual. Lewat aplikasi ini, pengeluaran sebelumnya bisa ditinjau. Kebiasaan pengeluaran yang buruk bisa ditemukan. Langganan yang kurang perlu bisa dipangkas pada hari kemudian.

5 Bahan Pembersih Cetakan Teflon yang Mudah Dicari
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait