Jitunews.Com
24 November 2022 19:19 WIB

Ibu Kota Negara Dipindah, Jabatan Wali Kota dan Bupati di DKI Jakarta Akan Dihapus

Jakarta dipastikan tetap spesial.

Ibu kota negara di Kaltim (pasardana.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jabatan bupati dan wali kota di DKI Jakarta akan dihapus bila ibu kota negara sepenuhnya dipindah ke Nusantara, Kalimantan Timur. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Sistem pemerintahan ke depan Jakarta tetap seperti hari ini, jadi, sebuah provinsi yang dikepalai oleh seorang gubernur dan kemudian tidak perlu ada bupati atau wali kota,” kata Suharso usai bertemu Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Kamis (24/11).

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut penghapusan jabatan wali kota dan bupati tak akan memengaruhi pemerintahan Jakarta. Kendati bukan lagi ibu kota negara, Suharso memastikan Jakarta tetap spesial.



Heru Budi jadi Pj Gubernur DKI, PKS: Walau Bukan Pemimpin yang Dipilih Langsung, Rakyat Berharap Maksimal

“Kami juga memikirkan hal-hal yang tidak menjadi bagian dari kewenangan Jakarta, akan kami coba tuangkan ke dalam undang-undang yang sifatnya akan spesial bagi Jakarta,” ujarnya.

Suharso menuturkan, Jakarta bisa mengambil suatu keputusan tanpa andil kementerian maupun lembaga lainnya. Jakarta, lanjut dia, tetap jadi pusat perekonomian.

“Kami akan membangun jauh lebih baik lagi di Jakarta,” imbuh Suharso.

Diketahui, RUU tentang Ibu Kota Negara (IKN) disahkan menjadi UU oleh DPR dan Pemerintah pada 18 Januari 2022 lalu. Dengan begitu, Indonesia memiliki IKN baru menggantikan Jakarta, yakni Nusantara di Kalimantan Timur.

GK Hebat Bersama PT Muda Kreasindo Sukses Bantu Kegiatan Kerja Bakti SAMTAMA di Koja
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait