Jitunews.Com
21 November 2022 20:58 WIB

Toyota Resmi Luncurkan Kijang Innova Zenix, Bermesin Hybrid dan Siap Diekspor ke Luar Negeri

All New Toyota Kijang Innova Zenix hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin konvensional dan mesin hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pada Senin (21/11) secara resmi mengumumkan peluncuran mobil MPV bermesin hybrid, Toyota All New Kijang Innova Zenix.

Dalam upacara peluncuran yang digelar di plant 1 TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022), Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific mengatakan bahwa Toyota All New Kijang Innova Zenix akan diekspor ke sejumlah negara.

“Hari ini merupakan hari peluncuran mobil ikonik yang ada di Indonesia, Kijang. Toyota All New Kijang Innova Zenix ini di-develop secara mendalam oleh tim global yang juga disertai tim dari Indonesia,” kata Hao Quoc Tien di plant 1 TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).



Pentingnya Kebutuhan Asuransi Mobil dan Cek Rekomendasinya

Seremoni tersebut juga diikuti oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Airlangga Hartarto berharap Toyota All New Kijang Innova Zenix nantinya bisa diekspor ke 13 negara.

“Diharapkan Toyota All New Kijang Innova Zenix ini bisa diekspor ke 13 negara agar Indonesia bisa menjadi basis ekspor. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” pungkas Airlangga Hartarto.

Selain menawarkan teknologi mesin hybrid, yang memadukan mesin listrik dan konvensional, Generasi ketujuh Kijang Innova ini juga hadir dengan tampilan eksterior dan interior yang berbeda dari generasi sebelumnya. Hal itu diungkap oleh Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto pada kesempatan terpisah.

Henry menjelaskan bahwa All New Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil hybrid pertama buatan Toyota di Indonesia. Mobil ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C, yang artinya tidak lagi menggunakan platform ladder frame seperti yang digunakan pada Toyota Fortuner.

Platform TNGA GA-C dipilih karena memungkinkan para insinyur Toyota menjejalkan mesin hybrid dan transmisi baru pada All New Toyota Kijang Innova Zenix. Penggunaan platform tersebut juga mengubah sistem penggerak yang digunakan oleh generasi ketujuh Innova ini, yakni dari roda belakang ke depan.

Selain kedua hal diatas, penggunaan platform TNGA GA-C juga diyakini membuat mobil menjadi lebih kokoh, dengan bobot yang lebih ringan.

Lalu, bagaimana dengan spesifikasi mesinnya?

All New Toyota Kijang Innova Zenix hadir dalam dua pilihan mesin, yakni konvensional dan hybrid.

Untuk versi konvensional, Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A7-FKS dengan kapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual-VVTi. Tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 174 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi puncak 20,9 kgm pada rentang 4.500-4.900 rpm.

Sedangkan untuk versi hybrid, mesin yang digunakan yakni TNGA 2.0 berkode M20A-FXS. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya mencapai 152 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 19,1 kgm di rentang 4.400- 5.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 kgm. Hasilnya, All New Toyota Kijang Zenix varian mesin hybrid dapat menyemburkan tenaga maksimal 186 PS pada sistem.

Kedua varian tersebut menggunakan sistem transmisi baru, 10 speed direct shift CVT.

Harga

Untuk varian mesin konvesnional, All New Toyota Kijang Innova Zenix dijual mulai dari Rp 419 jutaan hingga Rp 470 jutaan. Sedangkan untuk varian mesin hybrid dijual mulai Rp 458 jutaan sampai Rp 614 jutaan.

All New Toyota Innova Zenix mesin konvensional

G CVT Non Premium Color - Rp 419 juta
G CVT Premium Color - Rp 422 juta
V CVT Non Premium Color - Rp 467 juta
V CVT Premium Color - Rp 470 juta

Innova Zenix Hybrid
G CVT Non Premium Color - Rp 458 juta
G CVT Premium Color - Rp 461 juta
V CVT Modelista Non Premium Color - Rp 532 juta
V CVT Modelista Premium Color - Rp 535 juta
Q CVT Modelista TSS Non Premium Color - Rp 611 juta
Q CVT Modelista TSS Premium Color - Rp 614 juta

 

Jabat Ketum FOSR Lagi, Saiful Ramadhan Siap Majukan Kota Solo lewat Otomotif
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait