Jitunews.Com
19 November 2022 11:48 WIB

Ruangguru PHK Karyawan Massal, Bantah Isu yang Berkembang di Medsos

Ruangguru PHK karyawan karena beberapa pertimbangan. Iklim pasar global yang memburuk disebut sebagai salah satu alasan perusahaan memutus hubungan kerja dengan karyawannya.

Ilustrasi Ruangguru (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PHK karyawan tengah terjadi disejumlah perusahaan yang ada di Indonesia, terutama perusahaan startup yang belum lama ini mencapai puncak kejayaanya.

Salah satu perusahaan yang PHK karyawan secara massal yakni Ruangguru. Ruangguru merupakan perusahaan start up yang bergerak di bidang pendidikan.

Ruangguru PHK karyawan karena beberapa pertimbangan. Iklim pasar global yang memburuk disebut sebagai salah satu alasan perusahaan memutus hubungan kerja dengan karyawannya.



Soal Nasib Karyawan Holywings, Gus Miftah: Rezeki Sudah Ada yang Ngatur, Jangan Pernah Ragu

"Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," demikian keterangan dari Corporate Communications Team Ruangguru seperti dilansir detikcom, Sabtu (19/11/2022).

Ruangguru memberikan sejumlah hak kepada karyawan yang terdampak PHK massal. Karyawan mendapatkan gaji bulan terakhir secara penuh dan juga asuransi.

"Semua dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," kata Ruangguru.

Lebih lanjut, Ruangguru membantah isu yang beredar di media sosial. Dimana dalam pemberitaan yang beredar, Ruangguru melakukan PHK karyawan hingga 50 %.

"Kami ingin klarifikasi bahwa statement 50% karyawan terdampak PHK tidak benar. Jumlahnya jauh lebih kecil dari itu. Terdapat ratusan pegawai yang terdampak," ujar Corporate Communications Team Ruangguru.

Tidak hanya itu, Ruangguru juga menegaskan bahwa pemberitahuan PHK karyawan dilakukan secara tatap muka bukan melalui email.

"Selain itu juga, pemberitahuan tidak dilakukan via email, tapi disampaikan langsung saat one on one meeting dengan manager terkait," demikian keterangan Ruangguru.

Siap Bela Karyawan Alfamart yang Diancam UU ITE, Hotman: Jangan Minta Maaf Kalau Tak Merasa Bersalah
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait