Jitunews.Com
16 November 2022 23:18 WIB

G20 Tahun 2023 Digelar di India, Jokowi Sebut Indonesia Siap Dukung

G20 akan terus bergerak.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden RI Joko Widodo (twitter.com/jokowi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – India akan melanjutkan estafet kepemimpinan G20 tahun depan. Indonesia siap memberikan dukungan kepada India untuk menyelenggarakan forum internasional tersebut.

Presiden Joko Widodo meyakini, India di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi, akan sukses menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2023.

“Selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan G20 tahun 2023. Saya yakin di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi, G20 akan terus bergerak,” kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (16/11).



Indonesia jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Jokowi Yakin Olahraga Bisa Satukan Dunia

“Sebagai sahabat India, Indonesia siap untuk mendukung kesuksesan presidensi G20 India tahun depan,” lanjutnya.

KTT G20 di Bali yang diselenggarakan pada 15-16 November 2022 telah berakhir. Kepemimpinan G20, bagi Jokowi, merupakan suatu kehormatan tersendiri.

“Saya bersyukur bahwa G20 Indonesia telah menghasilkan sebuah dokumen berupa G20 Bali Leaders Declaration,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, Presidensi Indonesia dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi.

Jokowi menyebut Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan di tengah berbagai tantangan baru yang muncul.

“Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan, juga kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, pemikiran, dan kontribusinya bagi presidensi G20 Indonesia,” ujarnya.

Selain deklarasi, lanjut dia, presidensi Indonesia juga menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. “Proyek kerja sama inilah yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat,” pungkas Jokowi.

G20 Bali Bahas Perang di Ukraina, Jokowi Ungkap Kesepakatannya
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait