Jitunews.Com
10 November 2022 17:25 WIB

WHO Sebut Kematian Akibat Covid-19 Kini Turun 90 Persen

Direktur Jenderal WHO meminta masyarakat dan pemerintah untuk tetap mewaspadai munculnya varian baru Covid-19 yang lebih mematikan

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (national geographic Indonesia)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (9/11) mengatakan bahwa jumlah kasus kematian yang disebabkan oleh infeksi COVID-19 secara global telah menurun hampir 90% dibandingkan dengan bulan Februari 2022 kemarin, meskipun tingkat pengujian dan vaksinasi masih tetap rendah.

"Lebih dari 9.400 kematian akibat COVID-19 dilaporkan ke WHO minggu lalu. Hampir 90% lebih sedikit dari Februari tahun ini, ketika kematian mingguan mencapai 75.000," kata Tedros pada konferensi pers di Jenewa.

Dia menambahkan bahwa komunitas internasional telah mencapai beberapa keberhasilan dalam memerangi pandemi COVID-19 dan tingkat kematian yang lebih rendah secara alami “menyebabkan optimisme”. Meski begitu, baik pemerintah maupun masyarakat harus tetap waspada akan kemunculan varian baru Covid-19 yang lebih mematikan di masa depan, mengingat program vaksinasi Covid-19 di dunia yang belum merata.



Vladimir Putin Nggak Jadi Hadiri KTT G20, Kedubes Rusia: Berpartisipasi secara Virtual

"Tingkat pengujian dan pengurutan tetap rendah secara global, kesenjangan vaksinasi tetap lebar, dan proliferasi varian baru yang terus berlanjut tetap mengkhawatirkan. WHO terus mendesak agar berhati-hati, dan kami terus mendesak semua orang untuk divaksinasi sepenuhnya," kata kepala WHO.

Hingga Rabu 9 November 2022, WHO mengkonfirmasi jika jumlah kasus infeksi Covid-19 global secara total mencapai 630 juta, dengan 6,5 kematian.

Pasukan Rusia Ditarik Mundur dari Wilayah Kherson, Sekjen NATO: Kita Tidak Boleh Meremehkan Rusia
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait