Jitunews.Com
2 November 2022 09:27 WIB

TV Analog Dimatikan Mulai Hari Ini, Kominfo Bakal Beri Bantuan Set Top Box Gratis

Ketentuan TV analog dimatikan berdasarkan program Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) yang mewajibkan masyarakat beralih ke siaran televisi digital.

Ilustrasi Televisi Analog (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siaran TV analog dimatikan mulai hari ini, Rabu 2 November 2022.

Ketentuan TV analog dimatikan berdasarkan program Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) yang mewajibkan masyarakat beralih ke siaran televisi digital.

Kominfo lantas menghimbau kepada masyarakat agar membeli perangkat Set Top Box agar bisa menonton siaran TV digita buntut TV analog dimatikan.



TV Digital Tidak Ada Sinyal? Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Mengatasinya

"Kepada masyarakat menengah yang masih mempunyai televisi tabung atau televisinya belum memenuhi standar televisi digital yang disebut dengan DVB-T2, kami minta untuk segera memasang Set Top Box di televisinya masing-masing sehingga pada saat tanggal 2 November dapat menikmati siaran digital yang lebih jernih, lebih bersih, lebih tinggi kualitasnya dan lebih banyak kanal-kanalnya," kata Menkominfo Johnny G Plate beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana dengan masyarakat miskin ekstrem yang tidak mempu membeli Set Top Box?

Tidak perlu khawatir, pemerintah akan membagikan Set Top Box gratis bagi keluarga miskin.

"Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set top box bagi keluarga miskin, maka Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin," ujarnya.

Diketahui, penghentian siaran TV analog paling lambat mulai hari ini 2 November 2022 pukul 24.00 WIB. Aturan itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Cara NontonTV Digital Tanpa Set Top Box, Mudah Banget! Ikuti Langkah Berikut
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait