Jitunews.Com
31 Oktober 2022 11:01 WIB

Perayaan Halloween Menurut Islam, MUI Beberkan Hukumnya Berdasarkan Al-Quran

Berikut hukum Halloween menurut Islam yang wajib kamu tahu

Trick or Treat / Halloween (PopOptiq)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perayaan Halloween menurut Islam menjadi informasi yang banyak dicari netizen. Pasalnya, netizen tengah dihebohkan dengan pemberitaan pesta Halloween di Itaewon, Seol, Korea Selatan yang menewaskan 154 orang.

Anda tidak perlu khawatir mencari informasi terkait hukum Halloween menurut Islam.

Halloween menurut Islam tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan syariat yang berlaku. Meskipun perayaan itu sering digelar di Eropa, Amerika Serikat, hingga sebagian Asia setiap tanggal 31 Oktober.



8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

"Jadi masalah Halloween ini kan jadi pembicaraan setiap tahun. MUI sudah memberi keputusan bahwa haram hukumnya merayakan Halloween," kata Ketua Bidang Dakwah MUI Sumut, Prof M Hatta seperti dilansir Suara.com Senin (31/10/2022) .

Hatta mengatakan bahwa tradisi Halloween yang identik dengan dekorasi horor dan mengukir labu itu hukumnya haram berdasarkan ayat suci Al-Quran. Ia mengatakan demikian karena perayaan Halloween mencampurkan antara yang benar dengan yang bathil.

"Kenapa? Karena dia bukan berasal dari ajaran Islam. Al-Qur'an menyatakan jangan kau campur baur kan sesuatu yang benar dengan yang bathil," ungkapnya.

"Perilaku Halloween dalam hukum Islam itu bathil karena tidak sesuai dengan syariat Islam makanya diharamkan," sambungnya.

Ia berharap generasi muda memiliki keyakinan terhadap kebenaran yang dianut. Generasi muda, kata dia, jangan asal mengikuti tren yang ada.

"Jadi yang paling bagus generasi muda kita memiliki keyakinan dan kebenaran nilai-nilai yang dianut, sehingga dengan demikian kokoh kepribadian kita, kokoh agama kita," ungkapnya.

Hatta lantas mengungkapkan perayaan Halloween yang terjadi di Arab Saudi. Ia menyebut hal itu tidak bisa menjadi patokan bagi umat Islam.

"Kalau Arab Saudi, kalau kita lihat dalam kisah bukan hanya nabi Muhammad saja yang ada di situ, Abu Lahab, Abu Jahal juga di situ," jelasnya.

"Jadi tidak menjadi ukuran, apalagi Tanah Suci itu hanya Mekkah dan Madinah, kalau di luar itu bukan tanah haram. Jadi tidak menjadi patokan apa yang mereka lakukan di sana," lanjutnya.

Demikianlah, hukum perayaan Halloween menurut Islam. Semoga kita bisa lebih bijak dengan fenomena yang ada.

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait