Jitunews.Com
21 Oktober 2022 22:31 WIB

Cuma Kerja 6 Pekan, Liz Truss Bakal Dapat Tunjangan Rp1,9 M per Tahun

Truss telah memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan tersebut.

Liz Truss (instagram.com/elizabeth.truss.mp)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Liz Truss telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris. Padahal, ia baru mengemban tugas selama 6 pekan atau 45 hari.

Kendati begitu, Truss tetap akan memperoleh tunjangan senilai £ 115.000 atau sekitar Rp1,98 miliar (asumsi kurs Rp17.300) setiap tahun.

Dikutip dari BusinessInsider, Jumat (21/10/2022), Public Duty Costs Allowance (PDCA) diberikan kepada semua mantan perdana menteri. Tunjangan itu dimaksudkan untuk membayar pengeluaran saat memenuhi tugas tersebut.



Baru 45 Hari Jabat PM Inggris, Liz Truss Mundur dengan Alasan Tak Bisa Jalankan Mandat

Syarat untuk mendapat tunjangan itu hanya cukup menjadi mantan perdana menteri. Truss sendiri mencapai kriteria meski menjabat dalam waktu singkat. Jadi selama sisa hidupnya, ia akan menerima tunjangan tahunan itu.

Diketahui, Liz Truss mundur dari PM Inggris pada Kamis (20/10). Dia beralasan tidak dapat melaksanakan mandat dari Partai Konservatif.

"Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menjalankan mandat oleh partai Konservatif yang telah memilih saya," ujar Liz, dilansir dari CNN.

Mundurnya Truss membuat dirinya tercatat sebagai PM Inggris dengan masa jabatan paling singkat. Di urutan kedua, ada George Canning yang menjabat selama 119 hari sebelum meninggal tahun 1827 silam.

Pemerintah Ukraina Dukung Boris Johnson Kembali Jadi PM Inggris
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait