Jitunews.Com
11 Oktober 2022 15:34 WIB

Klaim Tak Bisa Kendalikan Curah Hujan, Anies: Tapi Kita Bisa Kendalikan Penanganannya

Anies menyebut persoalan banjir di Jakarta bukan karena siapa pemimpinnya.

Anies Baswedan (twitter.com/aniesbaswedan)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan persolan banjir yang merendam ibu kota. Ia menyebut dirinya tidak bisa mengendalikan curah hujan, namun bisa mengendalikan penanganan setelah hujan lebat sehingga banjir bisa segera surut.

"Kita tidak bisa mengendalikan curah hujan, tapi kita bisa mengendalikan penanganan sesudahnya. Jadi ketika ada hujan yang melampaui daya tampung sistem drainase, nah sistem kita kerja untuk cepat dan itu Alhamdulillah terkendali. Inilah yang kemudian kita lakukan di Jakarta Jadi selama kita berhadapan dengan situasi seperti ini, ini bisa kejadian di mana saja," ujarnya seperti dilansir detikcom, Selasa (11/10/2022).

Anies mengaku tidak masalah dengan penanganan banjir di ibu kota yang menjadi bahan olok-olokan di media sosial. Baginya, yang terpenting penanganan banjir merupakan prioritasnya.



Klaim DKI Mampu Atasi Banjir, Anies Contohkan Jalan TB Simatupang Surut dalam 4 Jam

"Ini kan kalau di sosmed itu bahan ejak-ejekan aja terus, makanya biasa aja. Yang kita harus tangani adalah jangan sampai kita tidak bergerak di sini. Saya tidak ingin ketika hujan ekstrem, lalu sehari dua hari masih tergenang. Nah itu berarti kita nggak ngerjain PR-nya," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa permasalahan banjir terjadi karena daya tampung air hujan yang melebihi volume air hujan. Ia menyebut persoalan banjir di Jakarta bukan karena siapa pemimpinnya.

"Itu soalnya sudah ambang batas sistem drainase kita itu di jalan-jalan kecil di kampung itu 50 mm per hari. Bila hujan di bawah itu nggak boleh banjir, kalau banjir berarti kita salah. Kalau di luar di jalan raya yang besar protokol itu 100 kalau hujan di bawah 100 mm dan banjir salah kita, salah. Jadi kalau lihat hujan di bawah 100 dan banjir. Oh berarti DKI salah wong daya tampungnya segitu kok enggak mampu. Tapi ketika hujan 148, 180 ya pasti banjir. Itu sama seperti gelas isinya 200 ml dituangin air 1 liter ya pasti tumpah, pasti tumpah," jelasnya.

Ungkap Pernah Ditawari Cawapres oleh Prabowo, Anies Tolak dengan Alasan Ini
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait