Jitunews.Com
6 Oktober 2022 21:58 WIB

Tinjau Persiapan Infrastruktur, Presiden Jokowi: Bali Siap Menyambut KTT G20

Presiden Jokowi melihat langsung progres pembangunan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

Presiden Joko Widodo (Humas Kementrian PUPR)

BALI, JITUNEWS.COM - Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November mendatang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo untuk meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur di Provinsi Bali, Kamis (6/10/2022).

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden Jokowi melihat langsung progres pembangunan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

“Saya melihat semuanya hampir sudah siap, Alhamdulillah. Dan kita harapkan nanti di pelaksanaaan KTT G20 juga berlangsung dengan baik dan lancar,” jelas Presiden Jokowi.



Dukung Percepatan Pembangunan Nasional, Menteri Basuki Hadiri Rakernas Kebijakan Satu Peta

Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua. Nantinya kawasan ini akan digunakan sebagai _showcase_ mangrove bagi para pimpinan negara dan delegasi yang hadir.

“Tadi masuk disini betul-betul _surprise_ bahwa sudah disiapkan, sudah dirubah. Menurut saya tempat ini yang paling menjadi titik utama terutama dalam hal _concern_ kita terhadap lingkungan, terhadap penghutanan kembali, baik itu mangrove maupun _tropical rainforest_ sehingga para pemimpin negara yang kita undang kesini bisa melihat secara langsung,” ungkap Presiden Jokowi.

Adapun progres fisik penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai ini telah mencapai 84%.

“Tinggal mempercepat penyelesaian pekerjaan di area persemaian mangrove, nanti ditambahkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar melalui program padat karya tunai,” ujar Menteri Basuki.

Di samping pekerjaan area persemaian mangrove, lingkup pekerjaan lainnya meliputi pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur _tracking_ mangrove, area penerima (_lobby, ticketing,_ kantor penerima), menara pandang, _viewing deck_ ke arah Teluk Benoa, area parkir di sekitar Waduk Muara, dan penataan Kawasan Parkir Kepala Negara di lahan seluas 2,6 ha.

Dilakukan juga peningkatan infrastruktur di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang lingkup pekerjaannya meliputi penataan dan renovasi Tirta Amertha, penataan _entrance gate_ 3, pelandaian ramp menuju Festival Park, parkir VVIP, akses baru Jalan Indraloka, jalan Lingkar Timur, jalan Lingkar Barat, serta jalan akses menuju Parkir A GWK.

“Pekerjaan tinggal _finishing_ saluran dan pengaspalan dan ditargetkan usai akhir Oktober,” tandas Menteri Basuki.

Dukungan infrastruktur lainnya meliputi peningkatan jalan Sp. Siligita – Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km, yang hingga saat ini progres fisiknya telah mencapai 95%. Untuk meningkatkan kualitas dan estetika, pekerjaan preservasi jalan dan jembatan disertai dengan beautifikasi atau penghijauan.

Turut hadir mendampingi Presiden yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Gubernur Bali I Wayan Koster, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Rampung Tahun Depan, Kementerian PUPR Lakukan Konstruksi Penanganan Banjir di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait