Jitunews.Com
3 Oktober 2022 22:57 WIB

SARI Teknologi Luncurkan Robot MIRA, Robot Catur Pertama di Indonesia

Robot MIRA adalah robot catur pertama di Indonesia yang dapat dimainkan oleh manusia melawan robot.

Robot MIRA, Robot catur pertama di Indonesia (siaran pers)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Untuk membangun Indonesia baru yang lebih maju, SARI Teknologi yang didirikan oleh Insinyur Yohanes Kurnia sejak tahun 2006 ingin melanjutkan semangat pantang menyerah dari para pahlawan.

SARI Teknologi mempunyai misi untuk menciptakan 1 juta innovator di Indonesia supaya dapat berinovasi membuat teknologi yang mampu menyaingi teknologi negara maju. Bersamaan dengan hari kesaktian Pancasila, SARI Teknologi juga meluncurkan sebuah inovasi terbaru karya anak bangsa yaitu robot MIRA.

"Suatu negara tidak akan pernah berdiri tanpa nenek moyangnya, setiap negara yang berdiri selalu mempunyai tonggak sejarah yang diturunkan turun-temurun. Salah satu sejarah yang ditinggalkan nenek moyang kita dari Jawa adalah kata bebasan yang berbunyi “ana catur mungkur” yang berarti adu mulut, pertentangan, percekcokan sebisa mungkin untuk dihindari agar senantiasa dapat menyelesaikan masalah dengan bijak," demikian pernyataan tertulis dari SARI Teknologi.



Menkeu AS Sebut Taiwan Bisa Timbulkan Resiko bagi Keamanan Nasional Amerika

Robot MIRA adalah robot catur pertama di Indonesia yang dapat dimainkan oleh manusia melawan robot. Robot MIRA merupakan inovasi yang menggabungkan teknologi kecerdasan artifisial dan robot berupa pembacaan pola papan catur dan gerak lawan dengan kamera cerdas yang bukan hanya bisa memprediksi langkah tetapi juga mencari solusi untuk mengalahkan lawannya.

Robot MIRA diciptakan dengan berbagai level permainan dari level 1-10 yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pengetahuan lawan tentang strategi catur.


Hal ini dapat menjadi terobosan teknologi AI dan robot pada olahraga catur Indonesia.

SARI Teknologi memilih robot catur karena catur merupakan salah satu permainan olahraga yang sudah ada dari jaman dahulu adalah catur, mengingat permainan ini melatih kecerdasan, kesabaran, strategi, kreativitas, dan ketelitian.

"Catur yang sudah ada sejak dulu merupakan permainan rakyat yang sangat digemari oleh karena itu , kita juga perlu meningkatkan catur dengan menambahkan teknologi kecerdasan artifisial dan robot agar bangsa indonesia dapat mengijuti perkembangan jaman," pungkasnya.

Dapat Memantau Secara Real Time, Ini 5 Manfaat Lainnya Menggunakan Attendance Management Software
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait