Jitunews.Com
3 Oktober 2022 21:37 WIB

Program Pangan Dunia Sebut Kelangkaan Pupuk Bakal Picu Krisis Pangan Global

WFP memperingatkan bahwa berkurangnya pasokan pupuk bisa memicu terjadinya krisis pangan global

Ilustrasi (Sputniknews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Program Pangan Dunia pada Senin (3/10) memperingatkan bahwa situasi krisis pasokan pupuk global dapat memicu terjadinya krisis pangan.

"Jika kita tidak memindahkan (situasi terkait pasokan) pupuk, Anda tidak hanya akan mengalami masalah harga pangan, seperti yang kita hadapi saat ini. Anda akan memiliki masalah ketersediaan pangan pada tahun 2023," kata Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia David Beasley di konferensi IMF yang diselenggarakan oleh Arab Saudi tentang mengatasi kerawanan pangan.

"Dan ketika itu terjadi, itu akan menjadi neraka di bumi. Ini akan menjadi tragedi demi tragedi," tambahnya.



Cadangan Gas Berkurang Drastis, Inggris Bakal Alami Krisis Pasokan Listrik selama Musim Dingin

Dia juga memperingatkan bahwa "faktor ekonomi saat ini jauh lebih buruk", terlebih dengan proses pemulihan pasca pandemi COVID-19, guncangan iklim, konflik Rusia-Ukraina. Semua hal tersebut kini memicu peningkatan tingkat inflasi harga pangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ke-21.

Beasley menambahkan bahwa jawaban jangka panjang terhadap krisis pangan tidak hanya dengan menyelesaikan satu masalah saja, tetapi juga harus menciptakan pembiayaan strategis dan program yang mengembangkan keberlanjutan dan ketahanan pangan.

Uni Eropa Bisa Alami Krisis Finansial jika Terus-terusan Bantu Ukraina
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait