Jitunews.Com
3 Oktober 2022 11:37 WIB

Beberapa Negara Hapus Aturan Penggunaan Masker di Pesawat, DPR: Di Indonesia Butuh Penjelasan dari Kemenkes

Masker itu alat proteksi perlindungan diri, tinggal yang terpenting deteksi kondisi real covid di Indonesia

Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid (dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi V DPR RI, Anwar Hafid menyoroti kebijakan Malaysia yang telah menghapus aturan kewajiban memakai masker di pesawat terbang.

Anwar Hafid mengatakan apabila Indonesia ingin menerapkan aturan tersebut maka harus mempergatikan kondisi riil penyebaran Covid-19 di tanah air.

"Masker itu alat proteksi perlindungan diri, tinggal yang terpenting deteksi kondisi rill covid di Indonesia saat ini seperti apa," ujar Anwar saat dihubungi Jitunews.com, Senin (3/10/2022).



Program Konversi Kompor Gas ke Listrik Dibatalkan, Ini Alasannya

Menurutnya penjelasan dari Kementrian Kesehatan merupakan landasan utama apabila Indonesia ingin menghapus aturan penggunaan masker di pesawat terbang.

"Itu butuh penjelasan pemerintah pusat utamanya kementerian kesehatan. Standar penilaian itu ada di kementerian nasional dan lembaga internasional yang menangani persoalan kesehatan," kata dia.

Politisi Partai Demokrat ini kembali mengingatkat perkembangan Covid-19 di tanah air harus benar-benar diperhatikan oleh pemerintah apabila ingin menghapus aturan kewajiban memakai masker di pesawat.

"Pemerintah harus memperhatikan dengan seksama kondisi dan situasi yang berkembang," tukasnya.

Sebelumnya, Malaysia tak lagi mewajibkan penggunaan masker di dalam pesawat. Ini berlaku setelah Malaysia mencabut aturan wajib masker di dalam ruang pada awal September.

Dalam pernyataan resmi pada Rabu (28/9), Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan aturan bebas masker di pesawat ini akan berlaku secepatnya.

Sebut Pandemi Covid-19 Mereda, Jokowi: Sebentar Lagi Akan Kita Nyatakan Pandemi Berakhir
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait