Jitunews.Com
1 Oktober 2022 14:00 WIB

Jokowi: Pancasila Terbukti Mampu jadi Tameng Hadapi Tantangan yang Mengancam Persatuan

Ideologi Pancasila harus tetap jadi pegangan bangsa Indonesia.

Joko Widodo (Twitter @jokowi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pancasila dinilai sebagai tameng yang ampuh untuk menghadapi beragam tantangan yang mengancam persatuan bangsa. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

"Ideologi yang digali dari akar dan karakter bangsa Indonesia, terbukti mampu menjadi tameng menghadapi aneka tantangan yang mengancam persatuan dan kemajemukan kita," kata Jokowi via akun Twitter @jokowi, Sabtu (1/10).

Jokowi tak menampik bila zaman terus mengalami perubahan dan arus globalisasi terus menderas. Namun, menurut dia, ideologi Pancasila harus tetap jadi pegangan bangsa Indonesia.



Harap Jokowi Tak Mau jadi Wapres, Masinton PDIP: Jadi Dagelan Gitu lho

Sementara itu, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyebut Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Dia meyakini Pancasila mampu mencegah Indonesia dari perpecahan.

"Saya kira ini yang paling utama, Pancasila kita yakini sebagai pemersatu bangsa, ideologi dan falsafah bangsa," kata Prabowo di Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu (1/10).

Sekadar informasi, Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan hari tersebut guna mengenang peristiwa 30 September 1965.

Dalam peristiwa itu, sejumlah perwira tinggi TNI Angkatan Darat jadi korban pembunuhan. Jasad mereka ditemukan di sebuah sumur di Lubang Buaya. Lokasi itu lantas dikukuhkan sebagai Monumen Pancasila Sakti.

Didukung Maju Pilpres Bareng Jokowi, Prabowo: Kita Akan Terus Bicarakan yang Terbaik untuk Bangsa
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait