Jitunews.Com
27 September 2022 21:57 WIB

Uni Eropa Bakal Bereaksi jika 4 Wilayah Ukraina Ini Gabung Rusia

Jubir layanan diplomatik Uni Eropa Peter Stano mengatakan bahwa referendum ini membuktikan bahwa Rusia tertarik untuk meningkatkan konflik dengan Ukraina daripada mencari perdamaian.

Bendera Ukraina dan Uni Eropa (https://www.europarl.europa.eu/)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara layanan diplomatik Uni Eropa Peter Stano pada Selasa (27/9) mengatakan bahwa akan ada konsekuensi bagi mereka yang membantu referendum ilegal di empat wilayah Ukraina untuk bergabung dengan Rusia.

“Uni Eropa menganggap apa yang disebut referendum ini ilegal,” Peter Stano, juru bicara utama layanan diplomatik UE mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers harian Komisi Eropa, dikutip Anadolu Agency.

Ia menambahkan bahwa Uni Eropa menganggap pemilihan ini membuktikan bahwa Rusia tertarik untuk meningkatkan konflik dengan Ukraina daripada mencari perdamaian.



Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Rusak, Moskow: Sangat Mengkhawatirkan

"Kami akan bereaksi terhadap eskalasi ini dengan cara yang memadai," katanya.

Sejak awal perang Rusia di Ukraina pada Februari, blok tersebut telah memberikan bantuan militer senilai total €2,5 miliar ($2,5 miliar), termasuk senjata mematikan, serta alat pelindung diri, kotak P3K, dan bahan bakar.

Uni Eropa juga telah memberlakukan tujuh paket sanksi, yang menargetkan antara lain Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, melarang impor emas, minyak, dan batu bara, dan ekspor barang mewah dan teknologi tinggi, serta mengeluarkan bank-bank di Rusia dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

Bukannya ke Negara Miskin, Sebagian Besar Ekspor Bahan Pangan Ukraina Justru Menuju Uni Eropa
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait