Jitunews.Com
24 September 2022 18:44 WIB

Erdogan Minta Seluruh Pemimpin Dunia Berusaha Damaikan Ukraina-Rusia

Presiden Turki mengatakan bahwa dibutuhkan upaya bersama dari semua pemimpin dunia untuk menyelesaikan konflik Ukraina-Rusia secara negosiasi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (22/9) meminta seluruh pemimpin dunia untuk meningkatkan upaya penyelesaian konflik Ukraina-Rusia melalui negosiasi dengan terus menjalin komunikasi, baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin maupun dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Para pemimpin dunia tidak berbuat cukup untuk mengakhiri konflik di Ukraina," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada wartawan di New York.

Ia menegaskan bahwa Turki meyakini jika proses negosiasi dapat secara efektif menyelesaikan konflik, merujuk pada keberhasilan Turki dan PBB dalam memediasi kesepakatan pengiriman ekspor produk pertanian Ukraina dan Rusia.



Perang Nuklir AS-Rusia Bukan Lagi Sebuah Teori

Hanya saja, dalam hal konflik, PBB dan Turki saja tidak akan cukup untuk menyelesaikan peperangan yang sudah memakan korban jiwa. Oleh karena itu, ia meminta semua pemimpin dunia untuk terlibat dalam upaya tersebut.

“PBB tidak dapat mengakhiri perang, tidak dapat menghentikan pertumpahan darah dan tidak dapat menemukan solusi untuk krisis energi dan pangan,” katanya.

"Harus ada upaya bersama dari semua pemimpin dunia, dan semua orang harus berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, serta Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, untuk membuka pintu diplomasi. Setiap pendekatan negatif terhadap kedua pemimpin itu tidak akan membawa hasil yang kita harapkan, tetapi hanya akan membawa lebih banyak kematian dan kehancuran," lanjut Erdogan.

Sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina, AS dan sekutunya telah mendukung Kiev dengan mengirimkan bantuan keuangan dan peralatan militer. Moskow telah berulang kali memperingatkan bahwa pengiriman senjata ke Kiev hanya akan memperpanjang konflik.

China Minta Konflik Rusia-Ukraina Diselesaikan secara Diplomatik Tanpa Prasyarat
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait