Jitunews.Com
24 September 2022 10:55 WIB

Nilai Ucapan Luhut Jujur, Politikus PKS: Jawa Memang Kunci

Luhut bicara soal kemungkinan orang dari luar Jawa akan sulit menjadi presiden

Mardani Ali Sera (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal kemungkinan orang dari luar Jawa akan sulit menjadi presiden. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, menilai Luhut berkata jujur.

"Pak Luhut jujur. Jawa memang kunci," ujar Mardani kepada wartawan, Jumat (24/9).

Mardani menilai bahwa pemilih ke depannya lebih rasional. Menurutnya, bisa saja tokoh luar Jawa menjadi presiden apabila memiliki kapasitas dan integritas.



Habiburokhman: Apa yang Disampaikan Pak Luhut Ada Benarnya

"Pemilih ke depan kian rasional. Bisa saja etnis non-Jawa bisa jadi Presiden jika punya kapasitas dan integritas dan punya karya yang menyejahterakan dan mencerdaskan masyarakat," jelas Mardani.

Sebelumnya, pernyataan Luhut tersebut disampaikan saat berbincang dengan Rocky Gerung di kanal YouTube RGTV.

"Apa harus jadi presiden aja kau bisa ngabdi? Kan nggak juga, harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa jangan terus, ini anu ini antropologi, kalau Anda bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya nggak tahu 25 tahun lagi, udah lupain deh, nggak usah kita memaksakan diri kita, sakit hati, yang bikin sakit hati kita kan kita sendiri," tutur Luhut.

Rocky lalu menanggapi apa yang disampaikan Luhut benar secara ilmu antropologi.

"Iya kalau mereka nggak baca, iya saya ingetin ada orang yang nggak baca, bahwa antropologi kita itu basisnya adalah etnis civil, dan faktualitas itu yang kadang kala membatalkan ambisi orang untuk jadi presiden," ujar Rocky Gerung.

Luhut mengaku mengurungkan ambisinya menjadi presiden karena merasa minoritas di Indonesia.

"Yes, termasuk saya, betul saya, saya double minoritas, saya sudah Batak Kristen lagi. Jadi saya bilang sudah cukup itu, kita harus tahu, ngapain saya menyakiti hati saya, istri saya juga bilang 'kamu ngapain sih pah?', ya memang nggak mau, 'syukurlah haleluya' dia bilang, ya sudah," sebut Luhut.

Tanggapi Pernyataan Luhut, NasDem: Terlalu Rasis
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait