Jitunews.Com
22 September 2022 09:19 WIB

Menko PMK Sebut Penanaman Hal-hal Fundamental Penting untuk Bentuk Karakter Mahasiswa

Muhadjir mengatakan bahwa masa pengenalan studi kepada mahasiswa baru harus menjadi sebuah momentum berharga civitas akademik di perguruan tinggi.

Menko PMK, Muhadjir Effendy (Dok. Kemenko PMK)

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Menanamkan hal-hal fundamental kepada para mahasiswa baru adalah hal yang krusial dan strategis.

Hal ini dinilai mampu memberikan pengetahuan tentang apa saja yang harus diperhatikan serta bagaimana kelak mahasiswa menyikapi berbagai tantangan maupun permasalahan, baik dalam hal akademik maupun aktivitas sosial.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, masa pengenalan studi kepada mahasiswa baru harus menjadi sebuah momentum berharga civitas akademik di perguruan tinggi.



Wujudkan Generasi Indonesia Emas Lewat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

“Mereka ini sudah berada di fase usia pre-adulthood, harus tau norma-norma yang wajib dipegang teguh oleh mereka,” ungkapnya saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Bandung, Rabu (21/9).

Ia menambahkan, sebagai penerus masa depan bangsa, mahasiswa harus memiliki 5 (lima) life skill penting untuk mencapai generasi Indonesia Emas 2045.

Kelima life skill tersebut dirumuskan dalam 5C, yakni, critical thinking, creativity and inovation, communication skill, collaboration dan confidence.

“Seorang mahasiswa harus menguasai semua keterampilan hidup ini, agar mampu besikap dan bertindak dengan baik dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan baru,” tutur Menko PMK

Disamping mengasah kemampuan hardskill dan softskill, mahasiswa baru hendaknya jangan lupa Ibadah, hidup bersosialisasi, ber-organisasi, belajar, dan rekreasi (ISOBAR).

“Kalau semua ini diterapkan InsyaAllah saat kalian lulus 4 tahun yang akan datang, kalian akan sukses dan membuat orang tua kalian bangga,” tutupnya.

Hadir dalam kuliah umum, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Ir. H. Suhada, Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Ir. Herry Suhardiyanto, Para Wakil Rektor dan Dekan Universitas Muhammadiyah Bandung, Ketua dan Anggota Senat Universitas Muhammadiyah Bandung, Seluruh Civitas Akademika, dan mahasiswa peserta orientasi tahun akademik 2022/2023.

Menko PMK: Selain Agama, Santri Juga Harus Diberikan Ilmu Pengetahuan Lainnya
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait