Jitunews.Com
3 September 2022 06:00 WIB

Setuju Putri Candrawathi Tak Ditahan, NasDem: Penahanan adalah Kebutuhan, Bukan Keharusan

NasDem mengatakan bahwa penahanan dilakukan apabila tersangka dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti atau melarikan diri

Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (Tangkapan layar Instagram @polritvradio)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Taufik Basari mendukung langkah Polri yang belum melakukan penahanan terhadap Putri Candrawathi, tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Taufik mengatakan bahwa penahanan dilakukan apabila tersangka dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti atau melarikan diri. Sementara menurutnya, Putri tidak perlu ditahan apalagi memiliki anak yang masih berusia dibawah lima tahun (balita).

"Saya selalu berpandangan bahwa penahanan adalah kebutuhan bukan keharusan," kata Taufik seperti dilansir CNNIndonesia.com Jumat (2/9/2022).



Tersangka Putri Candrawathi Tak Ditahan, Fadli Zon: Catatan Diskriminasi Hukum yang Nyata

"Terlebih lagi PC (Putri Candrawathi) memiliki anak yang masih kecil, sehingga dengan alasan kemanusiaan dan demi kepentingan terbaik anak maka keputusan untuk tidak menahan dan hanya wajib lapor merupakan keputusan tepat untuk saat ini," sambungnya.

Disisi lain, ia justru mengkritik cara polisi dalam melakukan penahanan terhadap tersangka dalam suatu kasus. Ia menegaskan bahwa penahanan seharusnya mengacu pada KUHP, bukan asal memutuskan penahanan agar mudah dilakukan pemeriksaan.

"Jika dibandingkan dengan kasus-kasus lain dalam kondisi serupa seperti seorang perempuan tetap ditahan padahal memiliki bayi atau anak kecil dan tidak terdapat kekhawatiran melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya, namun tetap ditahan, menurut saya penahanan dalam kasus lain ini pun juga tidak tepat dan harus kita koreksi," bebernya.

"Jadi yang kita lakukan sebaiknya bukan membenarkan kejadian yang lalu-lalu dengan mendorong penahanan terhadap PC, melainkan mengoreksi juga penahanan yang pernah terjadi yang tidak tepat di kasus-kasus lain ini," s yang ketiga masih memiliki balita," pungkasnya.

 

Dibandingkan dengan Putri Candrawathi, Tak Disangka Angelina Sondakh Beri Tanggapan Ini
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait