Jitunews.Com
2 September 2022 22:35 WIB

Doa Sebelum Tidur dalam Islam, Lengkap Beserta Arti dan Adabnya

doa sebelum tidur menjadi salah satu hal yang perlu diamalkan oleh orang Islam.

Tidur ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidur menjadi salah satu aktivitas yang penting bagi manusia. Seseorang perlu istirahat untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Tentunya, doa sebelum tidur menjadi salah satu hal yang perlu diamalkan oleh orang Islam.

Doa sebelum tidur sebaiknya mulai diperkenalkan sejak usia dini. Dengan demikian, akan terbentuk kebiasaan membaca doa sebelum tidur.

Lantas bagaiaman doa sebelum tidur dalam ajaran Islam?



Ingin Awet Muda? Lakukan Kebiasaan Tidur Ini

Dilansir dari NU Online, doa sebelum tidur yang sudah umum dikalangan masyarakat yakni doa yang dinukil dari dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Muslim (Shahih Muslim, 6887).

Sementara, doa sebelum tidur versi panjang dinukil dari sebagain doa yang direkomendasikan Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah.

Berikut doa sebelum tidur dalam Islam beserta artinya dalam versi pendek:

"Allâhumma! Bismika ahyâ wa bismika amû".

Artinya: “Ya Allah! Dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati.”

Berikut doa sebelum tidur dalam Islam beserta artinya dalam versi panjang:

"Bismika rabbî wadha’tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirlî dzanbî. Allahuma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma bismika ahyâ wa amût, Allâhumma innî a‘udzubika min-syarri kulli dzî syarrin. Wa min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ, inna rabbî ’alâ shirâthin mustaqîm".

Artinya: “Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga engkau menjagaku dari adzab-Mu pada hari dimana engkau membangkitkan hamba - hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”

Adab tidur

Selain membaca doa, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan oleh umat Islam sebelum tidur.

Dirangkum dari kitab Al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al-Imam al-Ghazai (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 434) ada empat adab tidur yang dianjurkan.

1. Bersuci

Anggota badan sebaiknya dipastikan bersih dari kotoran-kotoran, sisa makanan, dan lain sebagainya. Hal yang dianjurkan yaitu dengan berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil.

Tidur akan menjadi berkualitas dengan badan yang bersih. Badan terhindar dari rasa gatal sehingga bisa tidur dengan nyaman.

2. Menghadap sisi kanan

Dianjurkan tidur dengan posisi miring menghadap kanan. Berdasarkan anjuran dokter, tidur miring ke kanan bisa menjaga gravitasi agar isi perut tetap terjaga.

3. Berdzikir

Orang yang terbiasa berdzikir atau mengingat Allah maka hatinya akan tenang. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surah ar-Ra'du ayat 28.

"Ala bidzikrillahi tathmainnul qulub".

Artinya: "Hanya dengan mengingat Allah,hati menjadi tenteram".

4. Berdoa ketika bangun tidur

Sama halnya sebelum tidur, umat Islam juga dianjurkan membaca doa setelah bangun tidur. Berikut doanya:

"Alhamdulillahi adzi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi nusyur".

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan".

Demikianlah, doa sebelum tidur dalam Islam beserta arti dan adabnya. Semoga kita selalu dijauhkan dari godaan-godaan syetan.

Alami Gangguan Tidur? Kalian Wajib Coba Makanan Anti-Insomnia Berikut
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait