Jitunews.Com
2 September 2022 17:06 WIB

Tersangka Putri Candrawathi Tak Ditahan, Fadli Zon: Catatan Diskriminasi Hukum yang Nyata

Keputusan tidak menahan Putri bisa jadi yurisprudensi yang buruk.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggota DPR RI Fadli Zon menilai keputusan Polri yang tidak menahan Putri Candrawathi sangat tidak tepat. Menurutnya, hal itu sama saja mempertontonkan ketidakadilan kepada masyarakat.

Diketahui, Putri yang berstatus tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J belum ditahan karena alasan kemanusiaan.

“Ini bisa jadi yurisprudensi yang buruk, catatan diskriminasi hukum yang nyata,” tulisnya via akun Twitter @fadlizon, Jumat (2/9).



Komnas HAM Sebut Ada Dugaan Kuat Kekerasan Seksual ke Putri Candrawathi, Ini Kata Polri

Hal senada disampaikan pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto. Dia menilai keputusan tersebut bisa menyakiti masyarakat karena hukum tebang pilih.

"Jelas menyakiti rasa keadilan masyarakat," kata Bambang di Jakarta, Jumat (2/9).

Bambang menyebut penyidik berwenang untuk memutuskan tersangka ditahan atau tidak, dengan pertimbangan tidak akan melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, dan tidak mengulangi perbuatannya.

Memang, lanjut dia, Putri tidak akan menghilangkan barang bukti. “Tetapi apakah alasan itu memenuhi rasa keadilan?" tegasnya.

Klarifikasi Jefri Nichol soal Anak Sambo Bikin Ribut di Kelab Malam
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait