Jitunews.Com
1 September 2022 14:19 WIB

Frugal Living, Gaya Hidup yang Bisa Datangkan Cuan

Prinsip hidup Frugal atau Frugal Living adalah gaya hidup yang bertujuan untuk menghemat pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan

Ilustrasi (Synergy Growth)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rencana pemerintah yang akan mengurangi subsidi BBM jelas membuat harga-harga kebutuhan pokok menjadi meningkat. Hal ini tentunya akan sangat berdampak terhadap finansial anda. Untuk itu, ada baiknya anda merubah gaya hidup dengan menerapkan prinsip frugal living. Lalu, apa itu frugal living?

Menurut laman Celever Girl Finance, frugal living adalah gaya hidup yang bertujuan untuk semaksimal mungkin menghemat pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan. Meski tidak sedikit yang menganggap gaya hidup ini sebagai hidup pelit, namun sebenarnya kedua hal itu sangat berbeda. Pelaku frugal living cenderung membuat prioritas dalam membelanjakan uangnya, dan lebih fokus pada hal-hal yang sangat penting, seperti investasi dan melunasi hutang.

Jika dilakukan dengan benar, gaya hidup ini juga bisa mendatangkan keuntungan. Berikut ini beberapa contoh sederhana dalam menerapkan frugal living.



5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

1. Buatlah Rencana Anggaran Belanja Setiap Awal Bulan

Membuat rencana anggaran belanja adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Disiplin dalam mematuhi rencana anggaran belanja bisa mencegah anda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak anda perlukan.

2. Berbelanja Sayur Setiap Dua Hari

Berbelanja setiap dua atau tiga hari sekali, terutama untuk sayur dan daging, bisa membuat anda mendapatkan bahan makanan yang segar.

3. Masak Sendiri

Memasak sendiri di rumah jelas menghemat pengeluaran anda. Pernahkah anda menghitung biaya produksi satu porsi nasi goreng yang biasa dijual di sebuah warung makan atau restoran?

4. Menanam Buah dan Sayur Sendiri

Menanam buah dan sayur sendiri di rumah juga bisa menghemat anggaran anda. Selain itu, anda juga bisa belajar untuk menanam tanaman dengan benar sehingga hasil produksinya bisa anda jual.

5. Thrifting

Belakangan ini, membeli barang pada event-event thrifting mulai menjadi sebuah tren. Anda bisa memilih dan mendapat barang bekas dengan kualitas yang masih bagus dengan harga yang lebih hemat.

6. Manfaatkan Promo Belanja

Memanfaatkan kupon, voucher diskon atau promo saat berbelanja jelas membuat pengeluaran anda lebih hemat.

7. Membuat DIY (Do It Yourself)

Selain melatih dan meningkatkan kreativitas anda, memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan sebuah barang baru juga merupakan bentuk penghematan.

Nggak Harus Keluar Banyak Modal, Begini Tips Investasi Aman yang Datangkan Cuan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait