Jitunews.Com
30 Agustus 2022 21:30 WIB

Sulit Tidur? Hindari 5 Makanan Ini

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu gangguan tidur

Ilustrasi (Scitechdaily)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mengalami masalah tidur atau terbangun beberapa kali di malam hari. Mungkin banyak dari kita berasumsi bahwa pikiran yang terlalu aktif adalah penyebab utama mengapa kita mengalami masalah ini, tetapi mungkin juga ada faktor lain.

Dilansir dari Scitechdaily, makanan tertentu dapat membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak atau bahkan terjaga di malam hari. Berikut beberapa diantaranya.


1. Makanan Tinggi Lemak



Niko Kokana Black Series, Kompor Kaca Berfitur Pengunci Gas Idaman Ibu Muda Perkotaan

Makanan tinggi lemak jenuh, rendah serat, dapat menyebabkan tidur anda terganggu dan akan lebih sering terbangun di malam hari. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dalam jumlah besar, maka itu dapat memengaruhi kualitas tidur Anda secara keseluruhan.

2. Makanan Kaya Kafein dan Cokelat

Cokelat panas mungkin tampak seperti pilihan yang bagus. Namun, cokelat juga mengandung kafein. Terlebih jika anda mengkonsumsi minumam cokelat hangat dengan marshmallow yang sarat akan gula.

3. Makanan Penutup dengan Gula

Kadar gula yang tinggi di dalam makanan dapat menyebabkan kecemasan dan insomnia. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang makan lebih banyak gula akan mengalami fase tidur REM lebih singkat. Padahal, fase ini sangat penting untuk penyembuhan dan fungsi kekebalan tubuh. Mengkonsumsi banyak gula juga akan membuat seseorang lebih lama untuk tertidur.

4. Minuman Beralkohol

Terkadang alkohol diminum untuk memicu kantuk. Di sisi lain, menurut penelitian, alkohol juga menyebabkan kegelisahan di dalam tidur. Ini karena efek menenangkan alkohol akan menghilang setelah beberapa jam. Studi menunjukkan bahwa setelah tiga malam berturut-turut meminumum alkohol sebelum tidur, tubuh akan menjadi lebih tahan terhadap efek kantuk yang disebabkan oleh senyawa tersebut.

5. Makanan Pedas

Makanan yang pedas dapat memicu lambung untuk mengeluarkan lebih banyak cairan asam dan hal itu akan membuat seseorang mengalami sakit perut sehingga menyebabkan sulit tidur.

Anda jika Anda memiliki masalah tidur kronis, ada baiknya anda untuk mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebabnya. Sementara itu, membuat beberapa perubahan pola makan juga dapat membantu, setidaknya tidak memperburuk masalah anda.

Awas! Tidur Sore Bisa Sebabkan 5 Hal Buruk Ini
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait