Jitunews.Com
20 Agustus 2022 11:04 WIB

5 Jurus Atasi Sakit Leher

Cara ini bisa dipraktikkan tanpa ribet.

Ilustrasi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sakit leher memang tak nyaman. Apalagi bila hal itu terjadi di tengah aktivitas.

Memang sakit leher bukan persoalan serius. Akan tetapi, setidaknya seseorang perlu menindaklanjuti keluhan tersebut agar tak mengurangi mood di sepanjang waktu.

Gangguan pada leher, seperti dilansir dari Healtline, terjadi karena otot tegang. Penyebabnya beragam, misalnya tidur dengan posisi kurang nyaman, terlalu lama menunduk, terlalu lama duduk di meja tanpa mengubah posisi.



One Piece: 5 Fakta Shanks, Salah Satunya Pembunuh Kenbunshoku Haki

Beberapa cara ini bisa dilakukan bila seseorang mengalami sakit leher yang tergolong ringan:

Peregangan

Gerakan peregangan ini sebaiknya tidak terlalu dipaksakan. Lakukan secara pelan-pelan. Putar pundak ke arah depan dan belakang. Lalu tekan tulang belikat perlahan sembari menoleh ke kiri dan kanan, bergantian.

Kompres Air Hangat

Kompres hangat bisa melancarkan peredaran darah sekaligus meringankan keluhan seperti nyeri sendi dan otot kaku. Caranya, celupkan waslap bersih ke air hangat, peras sampai tidak ada air yang menetes, tempelkan waslap hangat ke bagian leher.

Pakai Bantal Khusus untuk Tidur

Posisi tidur yang keliru bisa jadi penyebab cedera leher. Pemakaian bantal leher atau hooded U-shape merupakan solusinya. Bantal ini memang dirancang menyesuaikan kontur leher dan bahu pengguna.

Yoga

Gerakan yoga ternyata bisa meredakan sakit leher. Lakukan gerakan pose jarum atau thread the needle pose. Posisikan tubuh seperti bersujud, tangan tak ditekuk dan arahkan lurus ke depan.

Lantas arahkan kepala menyamping ke kanan, tangan kiri berada di bawahnya, sedangkan tangan kanan diangkat ke atas. Praktikkan gerakan ini secara bergantian.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Minum obat pereda nyeri menjadi jalan keluar bila sakit di leher tak tertahankan. Obat yang dikonsumsi bisa parasetamol atau acetaminophen. Akan tetapi, jangan lupa taati petunjuk yang biasa tertera pada kemasan obat.

Awas! Tidur Sore Bisa Sebabkan 5 Hal Buruk Ini
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait